#GerakanSocialDistancing Jadi Trending, Potret Situasi di Tiongkok Curi Perhatian
SerbaSerbi

Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat melakukan social distancing, suatu gerakan membatasi kontak dan interaksi dengan individu lain demi menekan penyebaran virus Corona.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat melakukan social distancing menyusul semakin meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia. Gerakan ini merupakan aksi menjaga jarak dari individu lain demi meminimalisir kontak yang berpotensi menularkan virus Corona.

Imbauan sang presiden pun diamini oleh banyak pihak dan belakangan disuarakan di media sosial. Hal ini terbukti dari munculnya tagar #GerakanSocialDistancing yang pada Senin (16/3) menjadi trending topic Indonesia.

#GerakanSocialDistancing Jadi Trending, Potret Situasi di Tiongkok Curi Perhatian-1

Twitter

Namun tentu masih menjadi pertanyaan bagi publik Indonesia soal detail gerakan ini. Apalagi gerakan ini tergolong awam. Alhasil potret kegiatan serupa yang dilakukan di negara lain pun menjadi sorotan, terutama di media sosial.

Kekinian, deretan potret social distancing yang dilakukan beberapa negara tetangga menjadi bahasan panas di media sosial. Pasalnya social distancing yang dilakukan mereka begitu teratur dan rapi, membuat warganet merasa "iri" lantaran Indonesia dirasa sulit menerapkannya.

#GerakanSocialDistancing Jadi Trending, Potret Situasi di Tiongkok Curi Perhatian-2

Twitter


Dalam utas potret itu terlihat bagaimana teraturnya warga negara Tiongkok, Thailand, Singapura, dan Filipina dalam menerapkan social distancing. Tak hanya ketika mengantre untuk masuk transportasi publik misalnya, bahkan di Filipina jemaah gereja pun harus duduk berjauhan demi meminimalisir penyebaran virus.

#GerakanSocialDistancing Jadi Trending, Potret Situasi di Tiongkok Curi Perhatian-3

Twitter

"Di samping menjaga kebersihan tiap individu, warga Singapura pun diimbau untuk menjaga jarak dengan individu lain sebagai wujud antisipasi," tulis akun @jesicatedja sebagai pengunggah deretan potret tersebut. Menariknya, tak hanya orang dewasa yang menerapkan social distancing, anak-anak kecil pun mampu melakukan hal serupa.

#GerakanSocialDistancing Jadi Trending, Potret Situasi di Tiongkok Curi Perhatian-4

Twitter

Utas ini pun langsung diramaikan oleh warganet. Mereka spontan membandingkan situasi terkendali di negara-negara tersebut dengan kondisi di Indonesia.

"Dimari, antrian ada celah langsung pada nyerobot," cuit @teu******da. "Kalo di indo, itu kursinya udah pada dideket2in sendiri sama pelanggannya," ujar @ind*****.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru