Susul Wisma Atlet Jakarta, Erick Thohir Bakal Bentuk RS Darurat di Bandung Hingga Surabaya
Nasional

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut pihaknya tengah mencari lokasi yang berpotensi dijadikan RS darurat di sejumlah kota lain seperti Semarang, Bandung dan Surabaya.

WowKeren - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi terus bertambah di Indonesia. Begitu pula dengan jumlah ODP dan PDP. Oleh sebab itu, pemerintah mengupayakan untuk menyediakan tempat baru bagi para pasien tersebut untuk dirawat.

Salah satu yang dilirik pemerintah yakni Wisma Atlet Kemayoran. Hingga pada Senin (23/3) sore, Presiden Joko Widodo alias Jokowi resmi membuka Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran pada pukul 17.00 WIB.

Rencananya, Wisma Atlet Kemayoran bukan satu-satunya RS darurat yang dibuka untuk menangani pasien corona. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut pihaknya tengah mencari lokasi yang berpotensi dijadikan RS darurat di sejumlah kota lain seperti Semarang, Bandung dan Surabaya.

Adapun hal itu sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir. Apa yang dilakukan pada Wisma Atlet akan diduplikasikan ke beberapa daerah lain.


"Kami diperintahkan (Erick Thohir) supaya mencari di beberapa provinsi," kata Arya di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (24/3). "Ini (RS darurat) menduplikasi apa yang dikerjakan di Jakarta, akan diduplikasi ke beberapa daerah, di Semarang, Bandung, dan Surabaya."

Untuk bisa membangun rumah sakit darurat, BUMN akan menggandeng Kementerian Agama. Proses pembangunnya sendiri akan melibatkan sejumlah perusahaan berplat merah yang bernaung dibawah Kementerian BUMN.

Arya menuturkan bahwa RS tersebut merupakan tempat yang bisa menampung banyak orang. Oleh sebab itu, ia membidik asrama haji yang ada di tiap provinsi.

"Kami mencari tempat yang bisa menampung banyak orang. Kemungkinan bekerja sama dengan Kementerian Agama, memakai asrama haji," jelas Arya. "Kalau memungkinkan, kami mengejar lokasi tersebut untuk dijadikan RS darurat corona di beberapa provinsi."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait