Corona Mewabah di Indonesia, Persiapan Pemindahan Ibu Kota Baru Terdampak?
Nasional

Wabah virus corona di Indonesia menimbulkan sejumlah dampak pada sistem pemerintahan. Lantas, apakah proses pemindahan Ibu Kota Baru negara akan berdampak?

WowKeren - Mewabahnya virus corona di Indonesia membawa sejumlah dampak negatif, terutama di daerah-daerah dengan jumlah infeksi terbanyak. Lantas bagaimana dengan proses pemindahan Ibu Kota Negara yang baru, apakah akan tertunda?

Juru Bicara Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) dan Kementerian Koordinator Marves Jodi Mahardi menyatakan bahwa proses pemindahan ibu kota negara (IKN) hingga kini masih terus berjalan sesuai rencana. Meskipun ada wabah virus Covid-19, ia menilai tak ada perubahan terkait pemindahan Ibu Kota baru.

Saat ini persiapan masih on the track," kata Jodi. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kementerian yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan terus berkoordinasi dengan kementerian terkait lainnya.


Selain itu, pemerintah juga terus melakukan komunikasi dengan para calon investor yang berminat investasi pada proyek IKN di Kalimantan Timur (Kaltim). "Tim dari Kemenko Maritim dan Investasi bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan juga terus melakukan komunikasi intens dengan berbagai calon investor dan mitra di joint venture untuk pengembangan ibu kota ini," jelasnya.

Pemerintah sendiri terbuka dengan berbagai opsi yang mungkin saja dapat dilakukan. Tentu saja apa yang akan diputuskan dilakukan bersama-sama. "Berbagai opsi terkait ibu kota masih kita pertimbangkan dan pada saatnya nanti akan diputuskan secara bersama," tambahnya.

Sementara itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan pertama di ibu kota. Anggaran tersebut merupakan uang muka untuk pembangunan jalan pertama.

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga. "Paling sekadar uang muka saja Rp 200 atau 300-an miliar nanti akan dihitung lagi," ujar Danis di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (12/3).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru