Begini Tips Naik Motor Agar Tetap Aman Dari Bahaya Virus Corona
Nasional

Menilai keamanan mengendarai sepeda motor di tengah pandemi virus corona, begini tips agar orang-orang tidak tertular bahaya COVID-19 saat sedang berkendara.

WowKeren - Kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia terus mengalami kenaikan setiap harinya. Pemerintah Indonesia sendiri telah menerapkan berbagai kebijakan seperti meliburkan semua sekolah di Indonesia hingga mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah atau mengisolasi diri secara mandiri.

Meski telah diimbau untuk tetap di rumah, tentunya banyak masyarakat yang masih keluar lantaran jika ada keperluan yang cukup penting. Lantas, bagaimana menjaga keamanan jika orang-orang perlu bepergian mengendarai motor di tengah wabah corona?

Seorang dokter yang juga mantan Direktur RSUD Ngipang Solo, Sumartono Kardjo menjelaskan jika bepergian menggunakan sepeda motor masihlah tetap aman dari virus corona. Apalagi jika orang-orang mengendarai sepeda motor di siang hari.

Meski demikian, Sumartono mengingatkan pentingnya untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain. Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan setiap komponen motor yang sering dipegang seperti handspat agar terbebas dari penularan COVID-19.


“Secara teoritis (berkendara dengan sepeda motor) masih aman, apalagi berkendara berkendara di siang hari,” jelas Sumartono seperti dilansir dari Kompas, Kamis (2/4). “Jadi jangan percaya kalau handle sepeda motor yang sering kita pegang itu bersih, makanya selalu dibersihkan setiap kali selesai menggunakannya. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum memegang benda lain.”

Hal serupa juga dikatakan oleh salah satu dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati. Menurutnya, dalam kondisi seperti ini masih tetap aman jika terpaksa keluar rumah dengan berkendara menggunakan sepeda motor.

Namun, masyarakat diminta tetap menjaga jarak seperti imbauan pemerintah dan diminta mengenakan masker. Selain itu, mencuci motor dan sealu menggunakan helm berstandar SNI juga dinilai meningkatkan keamanan pengendara di tengah pandemi ini.

“Sebenarnya tidak jauh beda dengan konsep social distancing ataupun physical distancing, pakai masker kain saja sementara ini masih cukup,” saran Arina. “Setelah sampai di rumah jangan pegang benda apapun jangan bersandar langsung cuci tangan, ganti baju, cuci kaki kalau perlu mandi.”

Seperti yang diketahui, kasus virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap harinya. Dilansir covid.go.id hingga Jumat (3/4), kasus corona di Indonesia mencapai 1.790 pasien positif.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru