KRL Akan Berhenti Beroperasi Mulai 18 April Mendatang, PT KCI Buka Suara
Nasional

Menindaklanjuti pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek, KRL bakal menghentikan sementara layanan operasionalnya mulai 18 April 2020 mendatang.

WowKeren - Salah satu fasilitas umum Kereta Rel Listrik (KRL) dikabarkan akan berhenti beroperasi pada 18 April 2020. Hal ini menindaklanjuti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan oleh wilayah Jabodebek.

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan bahwa penghentian operasional KRL commuter line Jabodetabek ini hanya bersifat sementara. Pihaknya pun mendukung hal tersebut, namun keputusan lebih lanjut masih belum dirilis.

Sekedar informasi, penghentian operasional KRL merupakan usulan dari kepala daerah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) demi memaksimalkan efektivitas PSBB. Pasalnya, social distancing sangat sulit dilakukan saat berada di dalam KRL.

"KCI juga telah mengetahui usulan lima kepala daerah di wilayah Bodebek untuk menghentikan sementara operasional KRL," ungkap Anne dalam keterangannya, Kamis (16/4). "Sampai saat ini pembahasan usulan tersebut masih dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI."


Lebih lanjut, Anne mengatakan bahwa KCI pada dasarnya mendukung segala upaya terkait penerapan PSBB virus corona. PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi dan melayani masyarakat di tiga provinsi bakal patuh terhadap kesepakatan yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pusat.

"Karena KCI melihat semangat utama dalam penerapan PSBB adalah gotong royong untuk bersama menghentikan persebaran covid-19," jelasnya. "Kita tunggu keputusannya ya."

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan kemungkinan operasional KRL commuter line Jabodetabek dihentikan sementara mulai 18 April 2020. Rencana ini untuk mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam pencegahan wabah virus corona.

Namun, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan jika rencana penghentian sementara operasional KRL itu menunggu penerapan resmi PSBB di Tangerang Raya, Provinsi Banten. Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang sendiri diketahui dimulai pada 18 April. "Kemungkinan dihentikan itu pada 18 April pada saat PSBB Banten berlangsung," tutupnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait