Masih Wabah Corona, Puluhan Ribu Buruh Diklaim Tetap Gelar Demo Peringati May Day
Nasional

Mabes Polri sudah tegas menolak surat pemberitahuan perihal pelaksanaan aksi massa di tengah wabah virus Corona, namun para buruh ini mengklaim akan tetap turun ke jalan.

WowKeren - Sayangnya hari buruh tahun ini jatuh di tengah wabah Corona. Namun bak mengabaikan situasi tersebut, puluhan ribu buruh tetap akan turun ke jalan mulai Kamis (30/4) hingga keesokan harinya.

Puluhan ribu buruh ini berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). Namun nyatanya surat pemberitahuan soal pelaksanaan aksi massa ini ditolak oleh Mabes Polri.

Mabes Polri menolak aksi tersebut karena bertentangan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Kendati demikian, Presiden KSPI, Said Iqbal menegaskan aksi buruh akan tetap digelar walau tak mengantongi izin Mabes Polri.

"Kalau memang aksi ini mau dilarang, kenapa buruh enggak diliburkan," ujar Iqbal, Minggu (19/4). "Itu kan sebuah asumsi yang kami rasa tidak adil."


Aksi massa yang akan digelar nanti menuntut tiga hal, yakni menolak Omnibus Law, setop pemutusan hubungan kerja (PHK), serta buruh berhak diliburkan namun tetap harus mendapatkan upah serta tunjangan hari raya (THR) secara penuh. Gelaran aksi akan difokuskan di sekitar Gedung DPR RI serta kantor Kemenko Perekonomian.

Iqbal menilai DPR bak tak memiliki empati lantaran tetap membahas Omnibus Law di tengah pandemi Corona. Padahal jauh lebih urgen bagi DPR membahas nasib buruh yang dibayang-bayangi PHK besar-besaran akibat wabah COVID-19.

"Darurat PHK loh. Ini jutaan orang akan ter-PHK setelah pandemi. DPR kok enggak membahas ini?" kata Iqbal, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (20/4).

"Jutaan buruh masih bekerja di pabrik-pabrik yang tidak diliburkan sekalipun itu dalam PSBB," imbuh Iqbal. "Di Jakarta, Bekasi itu masih bekerja semua."

Untuk pelaksanaan aksi nanti, Iqbal memastikan para buruh yang turun siap menerapkan protokol pencegahan wabah COVID-19. Termasuk diantaranya menggunakan masker dan membawa cairan sanitasi tangan, serta akan melakukan physical distancing.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait