'Selamat Hari Kartini' Hingga #kartiniday Jadi Trending, Warganet Akui Rindu Karnaval Baju Adat
Getty Images
Nasional

Hari ini (21/4) Indonesia merayakan hari kelahiran seorang pahlawan nasional yang sudah gigih memperjuangkan kesetaraan hak perempuan, RA Kartini. Warganet pun tak ketinggalan merayakannya di media sosial.

WowKeren - Tanggal 21 April tentu menjadi salah satu hari yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia. Sebab pada hari ini merupakan hari lahirnya seorang pahlawan emansipasi wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini.

Dan hari ini tibalah masa bagi masyarakat untuk merayakan hari tersebut. Sayangnya Hari Kartini tahun 2020 wajib dirayakan dengan nuansa berbeda karena terjadi di tengah wabah virus Corona.

Alhasil ungkapan rasa terimakasih kepada sang pahlawan nasional hanya bisa disuarakan lewat media sosial. Hal ini terbukti dari beberapa kata kunci dan tagar yang pada Selasa (21/4) pagi menjadi trending topic di Indonesia.

Dipantau pada Selasa pagi, total ada 5 kata kunci yang menjadi trending topic. Yakni "Selamat Hari Kartini", "#kartiniday", "RA Kartini", "Habis Gelap Terbitlah Terang", dan "Wanita Indonesia".

\'Selamat Hari Kartini\' Hingga #kartiniday Jadi Trending, Warganet Akui Rindu Karnaval Baju Adat

Twitter


"Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia, jadilah wanita tangguh yang tak akan pernah menyerah," cuit @merapi_news. "'Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.'- RA Kartini. Selamat hari kartini utk semua wanita, termikasih telah berjuang selama ini, kalian hebat!" imbuh @sc****av.

"'Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.' - RA Kartini Selamat hari Kartini, untuk semua wanita Indonesia. Tetaplah menjadi sosok yang tak pernah padam dan selalu bersinar," timpal @_ba*****oy.

"Mengucapkan Selamat Hari Kartini sah-sah saja, tetapi kalau masih menyakiti wanita ya sama saja bohong. Wanita Indonesia layak untuk dihargai, dihormati dicintai disayangi dan seterusnya sepenuh hati. Paling tidak ingat ibu mu, ia salah satu wanita hebat dalam hidupmu," ujar @ya****18.

Namun di tengah berbagai ucapan dan untaian kata mutiara penuh inspirasi itu, ada beberapa warganet yang justru menyuarakan rasa rindu mereka. Bukan untuk sang pahlawan, tetapi terkait dengan perayaan Hari Kartini yang untuk pertama kali dilakukan secara online tanpa karnaval adat.

Padahal, seperti diketahui, sudah menjadi tradisi Hari Kartini diadakan dengan karnaval adat. Biasanya siswa-siswi setingkat TK, SD, bahkan acap kali SMP, mengadakan karnaval dengan menggunakan baju adat ketika Hari Kartini tiba.

"Baru kali ini dan ditahun ini ngerasain Kartini Online. Biasanya si bingung besok mau pakek baju apa ya, upacara ga ya, ada lomba apa aja ya. #kartiniday #hidupperempuanindonesia," cuit @Fi****r_. "Iyh bener apalagi kgn ikutan lombaa:(" jawab vx****x_. "Yg cewek, dandan yg chakeupp," sahut @sad*****es.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru