Putra Amien Rais Mundur Dari DPP PAN dan DPR, Ada Apa?
Nasional

Putra Amien Rais, yakni Hanafi Rais, menyatakan hal tersebut dalam surat pengunduran diri yang tertanggal 5 Mei 2020. Hanafi diketahui merupakan Ketua Fraksi PAN DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

WowKeren - Putra Amien Rais, yakni Hanafi Rais, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota DPR RI Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) periode 2019-2024. Selain itu, Hanafi juga mengundurkan diri kepengurusan DPP PAN periode 2020- 2025.

Hal ini dinyatakan Hanafi dalam surat pengunduran diri yang tertanggal 5 Mei 2020. "Bersama surat ini saya menyatakan mengundurkan diri dari DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI dan anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," demikian kutipan surat pengunduran diri tersebut.

Lebih lanjut, Hanafi juga menyoroti sikap PAN yang kini dinilainya dekat dengan kekuasaan meski masih melontarkan kritik- kritik. Menurut Hanafi, sikap DPP PAN ini bertentangan dengan keinginan kader yang ingin agar partai berlambang matahari putih tersebut menjadi antitesis kekuasaan.

"Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap," jelas Hanafi. "Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan."


Surat pengunduran diri Hanafi ini telah dibenarkan oleh Ketua DPW PAN Sulawesi Tenggara, Muhammad Asri Anas, yang juga merupakan loyalis Amien Rais. "Saya sudah konfirmasi sama Hanafi benar beliau mundur seperti di surat," tutur Asri Anas pada Selasa (5/5) hari ini.

Sebelumnya, PAN telah menggelar Kongres pada Februari 2020 lalu. Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025 dalam Kongres tersebut. Hanafi sendiri telah ditunjuk Zulhas sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PAN.

PAN sendiri telah resmi membuka rapat kerja nasional (rakernas) yang digelar secara online karena adanya pandemi corona (COVID-19) pada hari ini. Dalam rakernas ini, Majelis Penasihat Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa mengungkapkan keinginannya agar partai tersebut bisa menempati posisi 3 besar di Pemilu 2024.

"Tentu di-guide oleh AD/ART, insyaallah kita akan tingkatkan kinerja partai kita di 2024 dengan kinerja tiga besar, Insya Allah," ujar Hatta Rajasa. "Agenda rakernas ini ada tiga: komisi, program kerja pemenangan pemilu, dan periodisasi dari kepengurusan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait