Angkut 21 Awak Kapal, KM Odyssey Hilang Kontak di Perairan Bali Setelah Seminggu Berlayar
marinetraffic.com
Nasional

Salah satu kapal kargo milik PT Odyssey Maritim Nusantara dikabarkan menghilang di perairan Bali. Hingga Jumat (4/6) ini, tim Basarnas masih mencari keberadaan kapal yang mengangkut 21 orang tersebut.

WowKeren - Sebuah kapal kargo KM Odyssey dilaporkan hilang pada Rabu (3/6) pagi. Tim Basarnas Bali bersama TNI AL tengah mencari keberadaan kapal yang mengangkut 21 orang tersebut. Kapal ini mulai hilang kontak setelah sekitar seminggu lebih berlayar.

Komunikasi terakhir terjadi ketika kapal berada di posisi 6 NM timur Laut Gili Trawangan Lombok, Jumat (29/5). Saat itu, PT Odyssey Maritim Nusantara menerima laporan jika kapal yang memiliki panjang 94 meter ini mengalami kerusakan pada bagian generator. Sejak saat itu, kapal pun mulai sulit dihubungi.

Sebelumnya, KM Odyssey bertolak dari Semarang pada Rabu (20/5) malam dengan tujuan Bima, NTB. Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, mengatakan bahwa kapal seharusnya sudah sampai pada hari Selasa (2/6). Bukannya kabar baik, namun malah berita buruk yang harus diterima oleh PT Odyssey Maritim Nusantara.

"Laporan yang kami terima, kapal alami permasalahan di bagian generator, sesaat berada di titik koordinat 7°36.698'S-115°53.934'E," tutur Darmada mengutip Kumparan, Kamis (4/6).


Angkut 21 Awak Kapal, KM Odyssey Hilang Kontak di Perairan Bali Setelah Seminggu Berlayar

PT Odyssey Maritim Nusantara pada Rabu (3/6) pun meminta bantuan Basarnas Bali untuk mencari keberadaan kapal tersebut. Basarnas Bali mendeteksi kapal berada di laut Bali bagian timur. "Kapal terdeteksi melalui vessel finder yakni 43 NM utara Kubu, Karangasem, Bali," ujar Darmada.

Hingga saat ini KM Odyssey tidak dapat dihubungi. Berdasarkan permintaan dari pemilik kapal, untuk memonitoring sampai dengan 12 jam ke depan sejak laporan diterima Basarnas Bali. "Dari sejak laporan diterima kami mengupayakan monitoring melalui pemapelan ke SROP Benoa dan SROP Lembar dan juga permintaan E Beoadcast ke BCC," jelasnya.

Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil, maka Kamis (4/6) pagi tadi Basarnas Bali mengerahkan KN SAR Arjuna 229 dari Pelabuhan Benoa menuju lokasi terkahir KM Odyssey untuk melakukan pencarian. Mereka berharap jika upaya ini bisa segera membuahkan hasil yang baik, dan kapal beserta seluruh kru ditemukan dalam keadaan yang sehat.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru