Jubir COVID-19 Achmad Yurianto Akui Ada Kalanya Jaga Jarak Sulit Diterapkan
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Meski demikian, bukan berarti ada kelonggaran untuk protokol lainnya. Protokol kesehatan lain seperti memakai masker, dan rajin mencuci tangan juga harus tetap diterapkan.

WowKeren - Penerapan untuk menjaga jarak satu sama lain atau physical distancing terus ditekankan. Hal ini guna menekan penyebaran virus corona (COVID-19) yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.

Namun, ada kalanya ada tempat-tempat tertentu yang tidak memungkinkan bagi warga melakukan jaga jarak ini. Hal tersebut pun bahkan sudah diakui oleh Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto


Namun meski demikian, bukan berarti ada kelonggaran untuk protokol lainnya. Protokol kesehatan lain seperti memakai masker, dan rajin mencuci tangan juga harus tetap dilakukan dengan disiplin.

"Kadang enggak mungkin jaga jarak paling tidak 1 meter," kata Yuri saat jumpa pers, Jumat (5/6). "Tapi paling tidak pakai masker, cuci tangan, sehingga enggak jadi sakit. Ini jadi penting."

Menurutnya, masyarakat sudah lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ini. Hal tersebut terlihat dari tidak adanya peningkatan yang signifikan dalam penambahan kasus positif COVID-19.

"Aktivitas masyarakat sekarang sudah mulai terlihat, namun kasus enggak meningkat," tutur dia. "Artinya sudah patuh, disiplin."

Tak hanya itu saja, Yuri juga mengapresiasi kedisiplinan masyarakat yang juga sudah mulai bisa untuk saling mengingatkan satu sama lain. Misalnya masyarakat yang menegur masyarakat lainnya yang tidak mengenakan masker. Kesadaran masyarakat perlu dibangun demi keselamatan bersama.

"Ada masyarakat yang menegur orang lain kalau enggak pakai masker," jelas Yuri. "Ini upaya yang dibangun komunitas untuk menyadari. Semua orang harus mampu menciptakan rasa aman untuk diri dan orang lain."

Ia mengimbau masyarakat untuk saling bergotong royong bahu membahu untuk bisa melawan virus ini. Sebab, diperlukan adanya kerja sama yang solid di kalangan masyarakat agar pandemi ini bisa segera berlalu dari bumi pertiwi.

"Kita yakini inilah cara yang harus kita bangun sekarang. Kebersamaan yang kita tunjukkan, gotong royong, dan konsistensi kita untuk bersatu melawan COVID-19 ini," tuturnya. "Karena hanya dengan cara ini bisa lindungi keluarga kita, diri kita dan semua, lindungi bangsa.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts