DPR Usul Pasien Corona di Jatim Diboyong ke Jakarta, Ini Alasannya
Instagram/sufmi_dasco
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menurut Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, usulan untuk mengangkut pasien corona Jatim ke Jakarta tersebut telah dikoordinasikan dengan Kementerian terkait.

WowKeren - DPR RI mengusulkan agar para pasien positif COVID-19 di Jawa Timur diboyong dan dirawat di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. Usulan ini disampaikan usai jumlah pasien corona yang dirawat di Jatim semakin membludak.

"Sehubungan banyaknya penderita COVID-19 di Jawa Timur dan sudah penuhnya kapasitas rumah sakit yang ada di sana," tutur Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad pada Sabtu (6/6). "Untuk itu DPR RI mengusulkan kepada pemda Jawa Timur untuk pasien COVID bisa dialihkan ke Wisma Atlet di Jakarta yang dikelola oleh BUMN."


Menurut Dasco, usulan tersebut telah dikoordinasikan dengan Kementerian terkait. Para pasien corona asal Jatim rencananya akan diangkut ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda.

"Tadi sudah dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN bahwa pesawat Garuda akan disiapkan untuk mengangkut," jelas Dasco. "Lalu membawa pasien COVID dan dirawat sampai sembuh di Wisma Atlet Jakarta, Kemayoran."

Dasco lantas menjelaskan alasan di balik usulan tersebut. Rupanya, DPR menilai pembangunan rumah sakit baru untuk menangani corona di Jatim akan memakan cukup banyak waktu. Padahal jumlah pasien corona terus meningkat.

"Karena, kalau membangun lagi rumah sakit atau menyiapkan, butuh waktu minimal 1,5 bulan. Sementara kebutuhan mendesak agar penderita COVID-19 bisa dirawat" terang Dasco. "Setelah sembuh, akan dipulangkan juga dengan pesawat Garuda kembali."

Sementara itu, Pemprov Jatim mengumumkan tambahan 134 kasus COVID-19 baru pada Jumat (5/6) kemarin. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 di Jatim telah mencapai 5.547 orang.

Dari 134 kasus baru tersebut, 52 orang di antaranya berasal dari Surabaya. Kemudian 13 pasien dari Kabupaten Pasuruan, 9 dari Sidoarjo, 7 dari Lamongan, dan 7 dari Jember.

Di sisi lain, tambahan kasus COVID-19 di tingkat nasional pada Sabtu (6/6) hari ini hampir menyentuh angka 1.000 dalam sehari. Total kasus positif virus corona telah mencapai 30.514 orang di seluruh wilayah Indonesia.

Dari angka tersebut, 9.907 pasien dinyatakan sembuh sehingga membuat persentase kesembuhan di RI menyentuh 32,5 persen. Sedangkan 1.801 orang meninggal dunia sehingga persentase kematian menjadi 5,9 persen.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts