Telkom Bersedia Buka Blokir Netflix Di IndiHome, Asalkan Penuhi Syarat Ini
Nasional

Telkom menyatakan akan membuka pemblokiran Netflix di IndiHome dan Telkomsel, asalkan layanan streaming asal AS tersebut mau memenuhi syarat-syarat ini.

WowKeren - Telkom baru saja menyatakan siap membuka pemblokiran akses layanan streaming video asal Amerika Serikat (AS), yakni Netflix. Namun, Telkom mengajukan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh Netflix.

Seperti yang diketahui, Telkom memang masih memblokir Netflix hingga saat ini. Hal ini menyebabkan masyarakat pengguna IndiHome dan Telkomsel secara otomatis tidak bisa mengakses Netflix melalui situs maupun aplikasinya.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah mengatakan jika pihaknya telah berusaha berdiskusi dengan Netflix. Hal ini dilakukan demi mendapatkan jalan keluar terbaik dari permasalahan keduanya.

Ririek menegaskan Telkom sudah siap membuka akses Netflix asalkan syarat-syarat yang mereka ajukan dipenuhi. Diantaranya adalah Netflix diminta agar mau memperdayakan produsen content lokal Indonesia hingga mempermudah regulasi konten-konten yang ditayangkan.

”Itu tergantung hasil diskusi tim Netflix dengan Telkom,” ujar Ririek seperti dilansir dari Kumparan, Sabtu (6/6). “Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi.”


”Terutama dalam hal content dan take down policy dan juga mau lebih memberdayakan produsen content lokal,” sambungnya. “Maka kita siap untuk membuka Netflix di IndiHome maupun Telkomsel.”

Hal senada juga diutarakan Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo. Sejauh ini, pihaknya selalu membuka komunikasi dengan Netflix untuk mematuhi peraturan yang berlaku agar bisa menjalin kemitraan dengan Telkom.

”Pada dasarnya, Telkom Group terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi menyajikan layanan konten yang berkualitas,” jelas Arif. “Seluruh mitra penyedia konten yang telah bekerja sama dengan Telkom Group bersedia memenuhi aturan yang berlaku dan kesepakatan bersama demi menjamin dan melindungi kenyamanan pelanggan.”

Telkom sendiri telah memblokir Netflix sejak Januari 2016 silam. Sejak saat itu, situasi pemblokiran Netflix oleh Telkom masih belum memenuhi titik terang kapan bisa benar-benar diselesaikan.

Sementara itu, Netflix telah menunjukkan keseriusan untuk berbisnis di Indonesia. Hal ini ditunjukkan Netflix dengan merekrut karyawan dari Indonesia dan meluncurkan paket ponsel yang memiliki harga murah di Tanah Air.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait