Edukasi New Normal ke Masyarakat, BNPB Bakal Libatkan Ulama
Nasional
Skenario New Normal COVID-19

Doni Monardo berharap agar MUI bisa menyampaikan edukasi kepada masyarakat melalui para dai maupun ustaz di berbagai daerah terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

WowKeren - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait new normal. Kerja sama itu tertuang dalam penandatanganan MoU bersama BNPB di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan jika kesepakatan ini sangat penting di saat-saat seperti ini. "MoU ini sangat penting bagi kita sebagai bangsa Indonesia untuk menghadapi COVID-19 ini," ujar dia di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Senin (8/6).

Doni berharap agar MUI bisa menyampaikan edukasi kepada masyarakat melalui para dai maupun ustaz di berbagai daerah terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan. "Supaya masyarakat kita tahu bahwa mengabaikan protokol kesehatan berisiko pada ancaman kesehatan," lanjut Doni.

Sebab untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 ini maka kunci pentingnya adalah peran masyarakat untuk lebih taat terhadap peraturan. Namun sayangnya, di lapangan penerapan protokol kesehatan ini ada kalanya sulit dilakukan bahkan ada yang masih mengabaikan.


Wabah COVID-19 masih terus menjadi ancaman karena vaksin virus ini belum ditemukan. Oleh sebab itu, Doni menekankan pentingnya menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. "Ketiga bagian penting inilah yang harus kita lakukan selama COVID-19 ini masih ada, selama wabah ini masih menjadi ancaman," ujar Doni.

Doni berharap dengan dilibatkannya ulama, penyampaian edukasi ke masyarakat bisa dilakukan dengan lebih efektif. Ia yakin jika masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam sangat patuh dan taat terhadap para ulama.

Sehingga semakin banyak tokoh Islam yang menyampaikan edukasi ini maka akan semakin banyak masyarakat yang mau mengikutinya. "Sehingga masyarakat kita yang mayoritas Islam ini betul-betul bisa memahami karena yang menyampaikannya adalah ulama," imbuhnya.

Sementara itu dari pihak MUI, Wakil Ketua Umum Muhyiddin Junaidi merasa tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan oleh BNPB. Untuk itu, MUI akan menyiapkan materi khotbah dan ceramah terkait penanganan COVID-19.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts