Panglima TNI Soroti Kondisi Pasar Tanah Abang Jelang New Normal
Nasional

Berdasarkan hasil sidak pada Kamis (11/6), Kapolri dan Panglima TNI menemukan bahwa Pasar Tanah Abang belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

WowKeren - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sempat melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (11/6). Berdasarkan hasil sidak tersebut, Kapolri dan Panglima TNI menemukan bahwa Pasar Tanah Abang belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjelang masa new normal.

"Di Pasar Tanah Abang, protokol kesehatan belum dipatuhi dengan baik," jelas Hadi dalam keterangan tertulis pada Kamis (11/6). Menurut Hadi, masih banyak pengunjung dan pedagang di Pasar Tanah Abang yang tidak mengenakan masker.

Selain itu, Hadi juga menilai bahwa kegiatan di Pasar Tanah Abang berlangsung tanpa menjaga jarak fisik atau menerapkan physical distancing. "Masih ditemukan baik konsumen maupun penjual yang tidak pakai masker dan tidak jaga jarak," tutur Hadi.

Hal senada juga disampaikan oleh pihak Polri. Oleh sebab itu, jajaran anggota TNI dan Polri dinilai harus lebih ekstra dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat di sekitar pasar, salah satunya adalah dengan memasang spanduk tentang bahaya virus corona.


"Kondisi ini perlu dikelola terus dengan imbauan humanis dan pembagian masker oleh aparat TNI-Polri," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. "Slogan dan spanduk, termasuk pemberitahuan 'area wajib masker dan physical distancing', layak untuk dipasang di gang, area pertokoan dan jalur perlintasan orang."

Usai mendapat sorotan dari Kapolri dan juga Panglima, Pasar Tanah Abang kini dijaga ketat oleh personel TNI dan Polri. Melansir detikcom, para pedagang kaki lima (PKL) terpantau menggelar lapaknya di atas trotoar jalan Jati Baru, Tanah Abang, pada Jumat (12/6) siang hari ini.

Aparat gabungan TNI dan Polri pun tampak berjaga di sepanjang jalan tersebut. Selain itu, ada pula sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang turut berjaga di lokasi.

Apabila melihat kerumunan orang, aparat gabungan tidak segan menggerakkan tangannya untuk mengimbau agar kerumunan tersebut diurai. Arus lalu lintas di lokasi juga terpantau lancar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru