Tangerang Raya Gelar PSBB Tahap 4 Mulai Hari Ini, Berikut Alasannya
Getty Images
Nasional

Perpanjangan PSBB kali ini dilakukan mengikuti masa perpanjangan di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi. Selain itu, masa perpanjangan tersebut juga mengikuti masa PSBB transisi yang diterapkan di DKI Jakarta mulai 5 Juni 2020 lalu.

WowKeren - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya kembali diperpanjang. PSBB Tahap 4 yang meliputi wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan ini akan dimulai pada Senin (15/6) hari ini hingga 28 Juni 2020 mendatang.

"PSBB diperpanjang sampai dengan 28 Juni," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Banten, Ati Pramudji, dalam keterangannya pada Minggu (14/6). "Keputusan Gubernur (Kepgub) sedang dalam proses."

Sebelumnya, Tangerang Raya menerapkan PSBB Tahap 3 pada 1 hingga 14 Juni 2020 lalu. PSBB Tahap 3 di Tangerang Raya tersebut diputuskan lewat Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Keo.161-Huk/2020. Adapun PSBB pertama kali dilakukan di Tangerang Raya pada 18 April hingga 3 Mei 2020 lalu.

Perpanjangan PSBB kali ini dilakukan mengikuti masa perpanjangan di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi. Selain itu, masa perpanjangan tersebut juga mengikuti masa PSBB transisi yang diterapkan di DKI Jakarta mulai 5 Juni 2020 lalu.

Menurut Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, perpanjangan PSBB di wilayahnya kali ini dilakukan untuk memfokuskan fungsi Gugus Tugas di tingkat RT/RW. "PSBB Kabupaten Tangerang diperpanjang untuk memberikan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat," jelas Zaki pada Minggu (14/6).


Zaki pun menjelaskan bahwa PSBB Tahap 4 ini didasari oleh masih tingginya tingkat penularan virus corona di wilayah Tangerang Raya. Walau kasus positif COVID-19 kini cenderung menurun, namun pemerintah juga melihat survei yang telah dilakukan.

"Ketika PSBB yang ketiga dari tanggal 1 sampai 14 Juni 2020 dilonggarkan, ada angka-angka yang memang harus menjadi perhatian," terang Zaki. "Termasuk tingkat penularannya."

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan hanya keluar rumah untuk kebutuhan penting kini masih sangat rendah. Terutama di wilayah Kabupaten Tangerang.

Oleh sebab itu, perpanjangan PSBB kali ini dilakukan untuk berfokus pada pembatasan tingkat lingkungan. RT/RW akan digerakkan bersama-sama untuk menjaga lingkungannya masing-masing.

"Kalau dilihat di wilayah Tangerang ini cukup dinamis pergerakan masyarakatnya," jelas Zaki. "Tapi kita berusaha untuk menekan angka masih tinggi tingkat penyebarannya, karena itu tugas gugus tugas tingkat RT/RW untuk memberikan Informasi di lingkungannya."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait