BREAKING: Hampir 40 Ribu Orang Positif Corona, 11 Provinsi Laporkan 0 Kasus Baru
Nasional

Pemerintah kembali melaporkan lebih dari seribu kasus positif dalam 24 jam belakangan hingga Senin (15/6) pukul 12.00 WIB. Dengan demikian total ada 39.294 pasien positif Corona.

WowKeren - Sudah sepekan belakangan Indonesia selalu mencatatkan sekitar seribu kasus positif Corona baru dalam sehari. Dan hari ini, Senin (15/6) hal itu kembali terjadi.

Disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, tercatat ada 1.017 pasien positif yang dikonfirmasi hari ini. Sehingga totalnya ada 39.294 orang yang dinyatakan terjangkit COVID-19 di Indonesia.

Ribuan kasus itu pun tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di 11 provinsi yang mencatatkan nol kasus tambahan pada hari ini. Seperti misalnya Papua yang nihil kasus positif baru dan justru melaporkan 63 kesembuhan dalam rentang 24 jam.

Sementara itu, Jawa Timur masih menjadi provinsi yang "panen besar" pasien positif Corona, yakni mencapai 270 orang. Dan di antara 5 besar provinsi dengan kasus tambahan terbanyak, Jawa Tengah menjadi "pemain baru" yang melaporkan 116 kasus.

"270 positif di Jawa Timur, 62 sembuh. DKI Jakarta 142 (kasus baru), 106 sembuh," ujar Yuri di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin (15/6). "Jawa Tengah 116, 36 sembuh. Sulawesi Selatan 101, 142 sembuh. Kalimantan Selatan 66, 16 sembuh."


"Kami berkoordinasi dengan Dinkes setempat untuk melakukan tracing contact seluruh kasus," imbuh Yuri dalam konferensi pers virtualnya. "Ada 19 provinsi yang lapor kasus di bawah 10. 11 provinsi nol kasus."

BREAKING: Hampir 40 Ribu Orang Positif Corona, 11 Provinsi Laporkan 0 Kasus

Twitter/BNPB

Yuri menuturkan, peningkatan kasus yang terjadi merupakan "buah" dari masifnya tracing serta pemeriksaan terhadap kontak pasien positif. Dalam hal ini setiap orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif yang sedang dirawat akan dites dan berujung pada "panen besar".

Dari segi jumlah kasus sembuh, tercatat ada 592 orang yang masuk dalam kategori ini, sehingga total ada 15.123 pasien sembuh. Sementara jumlah yang meninggal dalam sehari mencapai 64 orang, sehingga totalnya ada 2.198 kasus. Hal ini, imbuh Yuri, dapat dimaknai sebagai pemicu untuk optimisme masyarakat Indonesia agar tetap semangat melawan wabah virus Corona.

Di sisi lain, terjadi penurunan jumlah pemeriksaan spesimen. Yakni hanya mencapai 8.776 spesimen, jauh lebih rendah daripada hari biasa yang bisa menembus lebih dari 10 ribu sampel.

Hal ini terkait dengan laboratorium pelaksana yang beberapa menerapkan hari libur ketika akhir pekan. Sementara itu sebanyak 36.774 orang sedang dalam pemantauan (ODP) dan 13.649 orang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait