Nadiem Makarim Umumkan Daerah Yang Boleh Buka Kembali Sekolah Mulai Juli, Mana Saja?
Nasional

Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan tahun ajaran baru akan tetap dimulai pada Juli 2020 dengan sejumlah skema, termasuk hanya mengizinkan sekolah di daerah ini untuk buka lantaran pandemi Corona.

WowKeren - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya mengumumkan skema kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di tengah pandemi virus Corona. Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan bahwa tahun ajaran baru akan tetap dimulai pada Juli 2020 mendatang.

"Pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah, seperti yang saya sudah infokan sebelumnya, tahun ajaran 2020/2021 tidak berubah jadwalnya," ujar Nadiem lewat konferensi pers virtualnya, Senin (15/6). "Tetap di Juli 2020."

Namun Nadiem menyebut hanya beberapa daerah yang boleh membuka kembali sekolah dan melaksanakan KBM dengan tatap muka. Daerah itu adalah yang dilabeli sebagai zona hijau oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang ternyata hanya mencapai sekitar 6 persen dari total peserta didik.

"Daerah zona kuning, oranye, merah yaitu zona yang telah didesain oleh Gugus Tugas, punya risiko COVID-19 ini dilarang saat ini melakukan pembelajaran tatap muka," tegas Nadiem, seperti dikutip dari Kumparan. "Zona hijau itulah yang kami perbolehkan, pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka, tapi dengan protokol yang ketat."


Karena mayoritas sekolah berada di zona kuning, oranye, dan merah, yakni mencapai 94 persen, maka tahun ajaran baru ini pun masih akan didominasi dengan pembelajaran secara daring. "Saat ini karena hanya 6 persen dari populasi peserta didik di zona hijau yang boleh tatap muka," ujar mantan bos GoJek itu.

Tak hanya perkara zona daerah tempat sekolah itu berada, Nadiem juga menegaskan komponen lain yang penting dalam KBM di tengah pandemi ini. Yakni perihal izin orangtua. Nadiem menegaskan siswa harus mengantongi izin dari orangtua apabila hendak mengikuti KBM di tengah pandemi Corona.

"Jadi misal zona hijau pemda izinkan dan satuan pendidikan penuhi ceklis," jelas Nadiem. "Sekolah boleh (izinkan murid masuk), tetapi tidak bisa paksa murid yang orangtuanya tidak perkenankan pergi sekolah karena belum cukup merasa aman masuk sekolah."

Lebih lanjut, Nadiem menyatakan orangtua yang masih merasa waswas melepas anaknya untuk mengikuti KBM dengan tatap muka berhak mengajukan izin belajar secara daring. Sebab prinsip utama pendidikan di tengah pandemi adalah keselamatan.

Sementara itu, daerah mana sajakah yang masuk dalam zona hijau berdasarkan zonasi warna BNPB? Dikutip dari Pikiran Rakyat, sejauh ini Pulau Jawa tak memiliki satu pun zona hijau. Sedangkan zona-zona serupa masih dapat ditemui di pulau-pulau lain.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru