Sri Mulyani ‘Ngeri’ Gelombang Kedua Corona Hantam RI, Apa Dampak Ekonominya?
Instagram/smindrawati
Nasional

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku takut jika gelombang kedua pandemi virus corona (COVID-19) menghantam Indonesia. Lantas, apa dampak ekonominya?

WowKeren - Sejumlah negara yang sebelumnya telah menyatakan mulai bebas dari virus corona, saat ini terancam terserang gelombang kedua (second wave) COVID-19. Dampak gelombang kedua virus corona ini tidak hanya mengancam nyawa warga dunia, namun juga berdampak lebih buruk bagi perekonomian.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan rasa khawatir dan takutnya jika Indonesia sampai dihantam gelombang kedua virus corona. Pasalnya, gelombang kedua COVID-19 dipercaya Sri Mulyani akan memukul perekonomian global lebih telak lagi, termasuk Indonesia.

”Jadi beberapa dari proyeksi ekonomi sudah mulai muncul, sudah membuat dua skenario,” kata Sri Mulyani dalam video teleconference di Jakarta, Selasa (16/6). “Kalau sampai terjadi double hit yaitu ada second wave, maka ekonomi akan mengalami kontraksi hingga 7,6 persen tahun depan.”


Oleh sebab itu, Sri Mulyani berharap jika Indonesia tidak sampai mengalami gelombang kedua virus corona. “Kalau single hits prospeknya menjadi jauh agak sedikit lebih baik yaitu kontraksinya hanya 6 persen tapi itu juga sudah merupakan suatu kompleksi kontraksi yang dalam,” papar Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani memaparkan jik pertumbuhan ekonomi di dunia pada awalnya diprediksi tambah tumbuh di atas 3 persen. Namun akibat pandemi, perekonomian dunia menjadi turun 9 persen sehingga menyebabkan minus 6 persen.

”Jangan lupa pertumbuhan ekonomi dunia awalnya diprediksi di atas 3 persen,” terang Sri Mulyani. “Jadi kalau turun ke minus 6 tuh berarti turunnya hampir 9 persen.

”Dari tambah 3 persen sekarang menjadi minus 6 persen untuk ekonomi global,” sambungnya. “World Bank sendiri membuat proyeksinya 2020 minus 5,2 tanpa ada skenario double atau single hits dan untuk tahun 2021, minus 4,2 persen itu cukup dalam.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru