KPU Ungkap Target Jumlah Partisipasi Pemilih Di Pilkada 2020, Berapa?
Nasional

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan target jumlah pemilih yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Berapa?

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk tetap mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang di 270 daerah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) lantas mengungkapkan target pemilih yang diharapkan berpartisipasi dalam Pilkada tahun ini.

Ketua KPU Arief Budiman menargetkan angka partisipasi masyarakat sebesar 77,5 persen dalam Pilkada 2020 ini. Pandemi virus corona (COVID-19) seolah tidak membuat KPU mengurangi targetnya. Pasalnya, target yang telah ditetapkan tersebut sama dengan target KPU dalam Pilkada serentak 2018 silam.

Arief lantas meminta agar seluruh pihak yang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini bisa terus bekerja agar partisipasi masyarakat tetap tinggi. Ia juga berharap agar seluruh pihak dapat membantu target tersebut terpenuhi.

Arief lantas menyarankan agar calon-calon kepala daerah yang diajukan partai politik maupun calon perseorangan harus memiliki kapasitas terbaik. Hal tersebut dinilainya sanggup membuat partisipasi masyarakat tinggi dalam menggunakan hak suaranya di Pilkada.


”Target kami ingin capai masih sama dengan sebelumnya 77,5 persen ya,” kata Arief di Kantor KPU, Jakarta, seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Kamis (18/6). “Jadi itu tugas bersama.”

Selain menginginkan agar partisipasi masyarakat tinggi, KPU juga angkat berbicara mengenai virus corona selama Pilkada berlangsung. Menurut Arief, masyarakat tidak perlu takut tertular COVID-19 saat hari pencoblosan berlangsung.

Terlebih, KPU telah mempersiapkan dan akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat bagi para penyelenggara maupun masyarakat saat Pilkada. Bahkan, KPU telah menyusun draf Peraturan KPU tentang Pilkada di Tengah Bencana Non-Alam COVID-19 usai virus corona mewabah di Indonesia.

Dalam aturan tersebut, masyarakat bisa memahami tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 dengan aman. “Itulah mengapa KPU memberikan pelayanan tata cara pelaksanaan dengan prioritas kesehatan dan keselamatan bagi semua,” pungkasnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru