Bulog Dicoret dari Daftar Penerima Dana Talangan, Buwas: Apa Mau Dibubarkan?
Nasional

Dirut Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan pihaknya mengajukan dana talangan adalah untuk menghindari risiko terlilit utang bunga bank yang tinggi saat memenuhi cadangan beras.

WowKeren - Kementerian Keuangan mencoret Perum Bulog sebagai prioritas penerima bantuan dana talangan. Dana talangan ini ditujukan sebagai modal kerja pada program pemulihan ekonomi nasional.

Terkait hal ini, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memberikan tanggapan. "Tidak apa-apa, saya kan pelaksana. Tergantung dari kepentingan negara ini kepada Bulog", kata pria yang akrab disapa Buwas itu dilansir CNBC Indonesia, Jumat (19/6).

Ia menjelaskan maksud Bulog mengajukan dana talangan adalah untuk menghindari risiko terlilit utang bunga bank yang tinggi saat memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Selama ini, Bulog menggunakan dana komersial dalam menjalankan fungsi stabilisasi harga pangan.


"Utang komersial itu kan 8 persen (bunga kredit) ke atas. Kalau kita bicara Rp 10 triliun pembelanjaan kita untuk pembelian beras CBP, bunganya per bulannya berapa?" tegas Buwas menjelaskan. "Barang ini tidak bisa kita gelontorkan, kalau tidak ada penugasan dari negara, berarti kan diam. Diamnya ini bunga berjalan."

Sementara itu, utang Bulog sendiri sudah mencapai Rp 28 triliun pada november 2019 lalu. Beras merupakan komoditi pangan yang memerlukan perawatan yang mahal untuk memastikan kualitas beras agar tidak menurun.

"Bayangkan, jika 1 sampai 2 tahun kita begitu, berapa bunganya? tidak dipakai kan berarti tidak dibayar, tidak ada yang membeli atau negara tidak ganti, selesai persoalan," lanjutnya. "Apa Bulog ini, memang mau dibubarkan?"

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan memberikan dana talangan sebesar Rp 19,65 triliun pada 5 BUMN. Yakni PT Garuda Indonesia Rp 8,5 triliun, PT Kereta Api Indonesia Rp 3,5 triliun, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Rp 4 triliun, PT Krakatau Steel Rp 3 triliun, dan Perum Perumnas sebesar Rp 650 miliar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait