Kasus Corona Di Jatim Tembus 10 Ribu, Menkes Selidiki Pokok Persoalannya
Nasional

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto akan menyelidiki pokok persoalan utama yang membuat kasus Corona (COVID-19) di wilayah Jawa Timur terus mengalami peningkatan.

WowKeren - Kasus Corona (Covid-19) di Jawa Timur (Jatim) saat ini telah tembus hingga angka sepuluh ribu. Kendati demikian, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto, mengaku akan mengurai pokok permasalahan yang menyebabkan angka kasus positif virus corona di Jawa Timur terus melonjak.

"Saya akan mengurai apa pokok persoalannya," kata Terawan mengutip dari CNNIndonesia.com saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Rabu (24/6).

Apabila pokok permasalahan itu bersumber dari protokol kesehatan yang kurang ditaati oleh masyarakat, maka pihaknya akan melakukan evaluasi lebih lanjut. Sehingga protokol kesehatan tersebut bisa diterapkan dengan baik oleh warga.


"Kalau karena protokol kesehatan ya protokol kesehatannya harus terus didisiplinkan supaya bisa mengurangi angka tertular," papar Terawan. "Dan itu sangat penting preventif promotif dari protokol kesehatan."

Bukan tanpa alasan, menurut Terawan, protokol kesehatan saat ini menjadi hal yang begitu penting dalam mencegah penyebaran wabah virus Corona. Ia berharap penerapan protokol kesehatan dengan baik bisa menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam menjalani setiap aktivitas.

"Protokol kesehatan itu harus sudah menjadi istilahnya budaya dan harus melekat di hati sanubari penduduk," terang Terawan. "Di kala melaksanakan protokol kesehatan baik di lingkungan dia tinggal, di lingkungan bekerja, di rumah sakit juga harus protokol kesehatan."

Sementara itu, berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, kasus kumulatif corona di provinsi ini sudah mencapai 10.092. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.115 pasien masih menjalani perawatan. Sedangkan 753 pasien telah meninggal dunia dan 2.995 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait