Heboh Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan Lagu dari Papua, Balai Budaya Buka Suara
Nasional

Kepala UPT BPNB Papua Dessy Polla mengatakan jika memang selama ini belum ada literatur yang secara pasti menyebut darimana asal lagu Yamko Rambe Yamko.

WowKeren - Baru-baru ini jagad media sosial kembali diramaikan dengan lagu yang berjudul Yamko Rambe Yamko. Selama ini, lagu Yamko Rambe Yamko dikenal sebagai lagu daerah asal Papua.

Namun rupanya, di linimasa ramai dibahas jika lagu itu bukanlah dari Tanah Papua. Terkait hal ini, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua Ditjen Kebudayaan Kemendikbud pun buka suara.

Kepala UPT BPNB Papua Dessy Polla mengatakan jika memang selama ini belum ada literatur yang secara pasti menyebut darimana asal lagu tersebut. Namun, ia menilai jika salah satu kata dalam lagu itu berasal dari salah satu daerah di Papua.

"Dari peneliti saya, memang belum ada data pasti, literatur yang menyatakan itu dari mana," kata Dessy dilansir detikcom, Sabtu (27/6). "Tetapi dari beberapa kata yang ada di situ, seperti 'yamko', itu ada 'marga' di Genyem (salah satu daerah di Papua)."


Selain itu, Dessy juga berkomunikasi dengan seseorang yang pernah mewawancarai salah satu tokoh masyarakat Biak. Masyarakat Biak ini, menyebut jika Yamko Rambe Yamko bukan berasal dari bahasa Biak. Ia mengatakan perlu penelitian lebih lanjut untuk menguak asal-muasal lagu ini lebih dalam.

"Dia menginfokan hasil wawancara dia dengan salah satu tokoh masyarakat Biak, itu bukan bahasa Biak," tutur Dessy. "Tetapi dulu di masa Belanda tahun 1963 itu katanya ada seorang seniman datang mengajar. Ini perlu diteliti."

Singkat kata, Dessy belum bisa memberikan kepastian terkait arti dari Yamko Rambe Yamko. Untuk menguak lebih jauh mengenai lagu ini, Dessy akan berkoordinasi dengan pakar bahasa dan juga linguistik.

"Itu kan bahasanya belum diketahui bahasa apa. Cuma tadi yang kami bahas dari kata-kata itu, ada kata-kata yang misalnya 'yamko' itu ada satu marga, aronawa, terus ada satu sungai di Genyem itu Grime Nawa, maksudnya dihubungkan kira-kira," jelas Dessy. "Terus kombe biasanya ada teman itu dari Genyen panggil kombe artinya saudara laki-laki. Kombe atau kumbe."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru