Jabar Bebas Zona Merah Corona, Pemerintah Beri Peringatan Ini Ke Rakyat
Getty Images
Nasional

Provinsi Jawa Barat telah terbebas dari zona merah penyebaran virus corona (COVID-19), pemerintah langsung memberikan peringatan bijak ini kepada masyarakat.

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah merilis adanya 53 wilayah kabupaten/kota yang masuk zona merah penyebaran virus corona (COVID-19) di Tanah Air. Dari 53 data tersebut, provinsi Jawa Barat sama sekali tidak memiliki zona merah di kota maupun kabupaten.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Barat, Berli Hamdani menanggapi terkait pencapaian Jabar yang bebas dari zona merah virus corona. Ia mengaku sangat bersyukur dengan perkembangan dan hasil tersebut.

Meski demikian, Berli memberikan peringatan kepada warga Jabar agar tidak euforia berlebihan mendengar kabar ini. Ia mengatakan masyarakat Jabar masih perlu meningkatkan kewaspadaan mereka karena pandemi virus corona belum berakhir. “Kami Insyaallah tetap waspada,” kata Berli seperti dilansir dari Kumparan, Kamis (2/7).

Lebih lanjut Berli menjelaskan kewaspadaan yang perlu dilakukan masyarakat adalah untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Selain itu, pemerintah juga diminta meningkatkan kewaspadaan. Ha ini dilakukan dengan tetap melakukan testing, tracing, dan terapi.


”Kita tingkatkan upaya antisipasi pengendalian pandemi COVID-19 dengan penguatan di testing serta tracing,” pesan Berli. “Dan terapi/fasilitas pelayanan kesehatan.”

Peringatan serupa juga diungkapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat, Daud Achmad. Ia menganggap rilis data yang disampaikan pemerintah pusat mengenai zona merah sejalan dengan hasil kajian pemerintah tingkat provinsi.

Daud juga meminta masyarakat untuk tidak senang dan euforia berlebihan dahulu dengan kabar Jabar bebas dari zona merah. “Ya diimbau untuk tetap waspada dan tidak euforia,” pungkasnya.

Berdasarkan Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar, telah ada 3.276 kasus virus corona hingga Kamis (2/7) siang. Sebanyak 1.622 pasien dinyatakan sembuh dan 177 orang meninggal dunia. Sedangkan pasien COVID-19 yang masih dirawat atau aktif dilaporkan berjumlah 1.477 orang.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru