Jabar Bebas Zona Merah, Ridwan Kamil Gencarkan Rapid Test Di Bodebek
Instagram/ridwankamil
Nasional

Jawa Barat telah bebas dari zona merah virus corona (COVID-19), Gubernur Ridwan Kamil tetap menggencarkan rapid test di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi.

WowKeren - Data terbaru dari Pemerintah Indonesia telah menyatakan jika Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah bebas dari zona merah penyebaran virus corona (COVID-19). Dari 53 wilayah kabupaten/kota yang masuk zona merah COVID-19, tidak ada satupun daerah yang berasal dari Jabar.

Meski telah bebas dari zona merah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil rupanya tetap memerintahkan untuk melakukan rapid test dengan gencar. Ridwan Kamil berpesan agar rapid test ini digalakkan dalam dua minggu kedepan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar), Daud Achmad menyampaikan jika rapid test secara gencar ini akan dilakukan di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek). Ketiga wilayah tersebut saat ini masih menjadi pusat penyebaran COVID-19 di Jabar dan masuk zona kuning.

“Karena sampai saat ini masih menjadi episentrum penyebaran COVID-19," kata Daud seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (2/7). “Seluruh wilayah Bodebek berada di level 3 atau zona kuning.”


Daud juga menjelaskan jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten dan Kota Bagor, Kota Depok, serta Kabupaten dan Kota Bekasi telah resmi diperpanjang. PSBB ini diperpanjang selama 14 hari, mulai 3 sampai 17 Juli 2020 mendatang.

Keputusan perpanjangan PSBB tersebut diakui Daud menyesuaikan dengan tingkat penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Selain itu, perpanjangan ini mengikuti Provinsi DKI Jakarta yang juga telah memperpanjang PSBB Transisi selama 14 hari.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Jabar Eni Rohyani mengatakan beberapa wilayah Bodebek telah mengajukan surat perpanjangan PSBB proporsional. Ia membenarkan jika keputusan ini mengikuti peraturan di DKI Jakarta sehingga Gugus Tugas COVID-19 dapat lebih mudah dalam melakukan evaluasi.

”Hari ini sudah beberapa kota, kabupaten di Bodebek sudah mengajukan surat perpanjangan PSBB,” jelas Eni. “Khusus wilayah Bodebek, kebijakan Provinsi Jabar mirroring dengan kebijakan DKI Jakarta. DKI sendiri diperpanjang maka Bodebek diperpanjang.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait