Unik, Polda Gorontalo Buat Hand Sanitizer Berbahan Baku Miras Cap Tikus
Nasional

Cara unik Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo membuat hand sanitizer di tengah pandemi. Menggunakan bahan baku berupa minuman keras (miras) cap tikus. Seperti apa?

WowKeren - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo telah membuat hand sanitizer dengan cara yang cukup unik. Pasalnya, cairan pembersih tangan tersebut dengan bahan baku minuman keras cap tikus.

Miras tersebut merupakan hasil produksi Polda bersama dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo. Hingga saat ini, hand sanitizer miras cap tikus ini telah diproduksi hingga lebih dari 10 ribu botol.

Adapun miras yang digunakan merupakan hasil sitaan kepolisian. Polda Gorontalo kemudian membagikan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat setiap hari selama pandemi virus corona demi meningkatkan kesadaran warga akan protokol kesehatan.


”Ini kita produksi dan kita bagikan kepada seluruh masyarakat, agar tidak terkena COVID-19,” kata Kapolda Gorontalo, Inspektur Jenderal Adnas seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (23/7). “Mudah-mudahan ini bisa mengurangi penyebaran COVID-19 di Gorontalo, dan kita akan membagikannya bersama masker setiap hari kepada masyarakat.”

Selain membagikan hand sanitizer gratis, kepolisian juga secara rutin akan menggelar sosialiasi kepada masyarakat terkait pentingnya memakai masker hingga menjaga jarak. Razia juga akan terus digelar di sejumlah tempat yang menjadi pusat keramaian.

”Kita akan melakukan razia di pasar, pusat keramaian dan jalanan,” jelas Adnas. “Kita bagikan masker dan hand sanitizer agar masyarakat hidup bersih dan terhindar dari COVID-19.”

Tak hanya itu, protokol kesehatan lain yang akan disosialisasikan adalah membersihkan tangan dengan penyanitasi tangan atau sabun sesering mungkin. Pasalnya, tangan jadi salah satu media penularan karena kerap digunakan untuk menyentuh sesuatu sebelum menyentuh bagian wajah.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait