Uji Vaksin Corona Asal Tiongkok Dimulai 11 Agustus, Begini Jadwal Lengkapnya
Nasional

Vaksin COVID-19 buatan Sinovac, Tiongkok akan menjalani uji klinis fase III di Kota Bandung, Jawa Barat mulai Selasa (11/8) pekan depan. Seperti apa langkah-langkah uji klinisnya?

WowKeren - Diketahui perusahaan bioteknologi Sinovac asal Tiongkok akan menguji klinis vaksin COVID-19 buatannya di Indonesia. Dan kekinian jadwal lengkapnya sudah terungkap, yakni bakal dimulai pada Selasa (11/8) pekan depan.

Tim Riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran sebagai lembaga yang diajak bekerja sama akan menggelar uji klinis di Kota Bandung, Jawa Barat. Manajer Lapangan Uji Vaksin COVID-19 Unpad, Eddy Fadlyana menyebut tanggal itu merupakan waktu proses pendaftaran relawan.

Lantas kapan relawan mulai diimunisasi? "Pada hari pertama itu tidak langsung imunisasi. Penyuntikan vaksin tiga hari kemudian, Jumat 14 Agustus," ujar Eddy, Senin (3/8).

Eddy pun membeberkan langkah-langkah uji klinis vaksin COVID-19. Pertama calon relawan yang lolos penyaringan awal akan menjalani berbagai pemeriksaan fisik, penyakit, serta diwawancarai dokter ahli.


Untuk lokasi pemeriksaannya, ujar Eddy, akan tersebar di enam titik vaksinasi. Keenamnya adalah RS Pendidikan Unpad Jalan Eickman, Balai Kesehatan Unpad Jalan Dipati Ukur, Puskesmas Sukapikir, Puskesmas Dago, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Garuda.

Nantinya calon relawan juga akan menjalani rapid serta swab test COVID-19. "Hasilnya sudah akan keluar sebelum hari penyuntikan," tegas Eddy, dilansir Tempo.

Hasil kedua rangkaian tes akan menentukan apakah calon relawan yang bersangkutan bisa ikut uji klinis vaksin atau malah dikarantina karena terinfeksi virus Corona. Untuk hasil pemeriksaan infeksi Corona ini sebaiknya "dijemput" sendiri oleh relawan di Puskesmas. "Hasil pemeriksaan itu kan privat, jadi lebih baik dia datang, dikasih penjelasan," jelas Eddy.

Untuk saat ini, imbuh Eddy, sudah terdaftar 600-an relawan yang mendaftar riset uji klinis vaksin COVID-19. Padahal dibutuhkan sampai 1.260 orang relawan untuk menyukseskan program besar ini.

Panitia pelaksana pun membuka pendaftaran relawan mulai 27 Juli hingga 31 Agustus 2020 mendatang. Untuk pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RS Hasan Sadikin Bandung di nomor telepon 022–2034471 atau WhatsApp 08112214235.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru