Sekolah SMA/SMK se-Jatim Dibuka Hari Ini, Kecuali 2 Wilayah
Getty Images/Barcroft Media
Nasional

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan pembukaan kembali sekolah tatap muka juga harus mengantongi izin dari Satgas setempat dan persetujuan wali murid

WowKeren - Sekolah jenjang SMA dan SMK di seluruh Jawa Timur sedianya akan dibuka untuk pembelajaran tatap muka mulai hari ini, Selasa (18/8). Namun demikian, kebijakan ini dikecualikan untuk dua wilayah.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan pembukaan sekolah belum bisa dilakukan di Surabaya maupun Sidoarjo. Sebab saat ini, status penularan COVID-19 di kedua wilayah tersebut masih zona merah.

"Surabaya dan Sidoarjo belum karena zona merah. Zona merah belum dibuka," kata Wahid di Surabaya, Senin (17/8). "Tapi semua fleksibel sesuai kondisi masing-masing."

Selain status zona, pembukaan kembali sekolah tatap muka juga harus memenuhi syarat wajib. Yakni harus mengantongi izin dari Satgas setempat dan juga persetujuan wali murid. Sehingga dengan kata lain, jika orang tua tidak mengizinkan maka pembelajaran bisa dilakukan dengan jarak jauh.


"Bagi yang tidak mendapatkan izin dari orang tua, tetap akan dilaksanakan pengajaran jarak jauh," kata Wahid. Dalam hal ini, kepala sekolah bertugas melaporkan kepada kepala cabang dinas di setiap wilayahnya.

Ia menyebut jika Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sendiri akan meninjau secara langsung pembukaan sekolah tersebut. Yakni SMA dan SMK yang ada di Probolinggo.

"Besok ibu gubernur akan mengunjungi hari pertama uji coba terbatas," kata dia. "Per kelas siswanya 9 hingga 18 siswa per kelas, yaitu ke SMAN 2 Probolinggo, SMK Negeri 2 Kota Probolinggo."

Terkait pembukaan SMA dan SMK ini, sebelumnya sudah disampaikan oleh Khofifah. Tak hanya zona hijau dan kuning, sekolah di zona oranye juga akan dibuka. Untuk sekolah di zona oranye, jumlah siswa maksimal per kelas adalah sebanyak 25 persen dari kapasitas normal. Sedangkan di zona kuning bisa 50 persen.

"Jadi untuk sekolah yang berada di zona merah akan tetap ditutup," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (12/8). "Sedangkan di zona hijau, kuning dan oranye akan dibuka."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru