Dicetak Khusus Saat HUT RI, Uang Pecahan Rp 75 Ribu Dijual Jutaan Rupiah di Toko Online
Instagram/bank_indonesia
Nasional

Hal ini tidak heran mengingat uang tersebut hanya dicetak dalam jumlah yang terbatas. Bank Indonesia meminta agar masyarakat berhati-hati terhadap temuan semacam ini.

WowKeren - Bank Indonesia telah merilis pecahan uang baru bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75. Adalah pecahan uang Rp 75 ribu yang disebut-sebut sarat akan makna filosofi dalam ilustrasinya.

BI pun mencetak uang ini hanya 75 juta lembar saja. Keunikan lain dari uang ini adalah banyaknya ilustrasi yang mengandung sejumlah filosofi pada bagian muka dan belakang uang.

Namun, siapa sangka jika uang ini rupanya sudah mulai dijual di toko online? Bukan itu saja yang mengejutkan, pecahan uang ini dijual dengan harga yang jauh lebih mahal daripada nilai nominalnya.

Sejauh ini, ada dua toko di salah satu marketplace yang menjual uang tersebut. Satu toko membanderolnya seharga Rp 1.250.000 dan satunya lagi Rp 1.375.000.


Hal ini tidak heran mengingat uang tersebut hanya dicetak dalam jumlah yang terbatas. Pecahan uang edisi khusus HUT RI yang sudah direncanakan sejak 2018 lalu ini, hanya bisa ditukarkan masyarakat di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 kantor cabang Bank Indonesia perwakilan daerah kota dan kabupaten (KP dan KPwDN).

Bank BI pun memberikan tanggapan terkait penemuan ini. Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko meminta agar masyarakat berhati-hati terhadap temuan-temuan semacam ini. Masyarakat yang ingin mendapatkan yang edisi khusus ini bisa mencari informasinya melalui kanal resmi Bank Indonesia.

"Ingat lho ya, prank-prank yang di media sosial. Yang betul yang sekarang disampaikan Ibu Rosmaya (Deputi Gubernur BI) dan Pak Marlison (Kepala Departemen Pengelolaan Uang)," ujar Onny dilansir Kumparan, Selasa (18/8). "Yang betul ada di situs BI, di kanal-kanal komunikasi BI."

Masyarakat yang ingin mendapatkan pecahan uang ini bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Pintar. BI telah menunjuk 5 bank untuk mendistribusikan uang ini yakni Mandiri, BRI, BCA, CIMB Niaga, dan BNI.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru