Bank Indonesia Buka Suara Atas Isu 'Baju Adat Tiongkok' di Uang Rp 75   Ribu
Nasional

Menurut Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, pemilihan baju adat untuk di tampilkan di uang Rp 75 ribu tersebut telah melalui proses panjang.

WowKeren - Uang pecahan Rp 75 ribu yang dirilis dalam rangka Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia sempat menimbulkan kehebohan. Pasalnya, salah seorang dalam uang itu disebut memakai baju adat dari Tiongkok.

Bank Indonesia lantas menegaskan bahwa narasi tersebut tidak benar dan membantah isu liar ini. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, menegaskan bahwa baju adat yang diisukan berasal dari Tiongkok tersebut merupakan baju adat Suku Tidung dari Kalimatan Utara.

"Ada yang bertanya, itu di tengah sepertinya dari Tiongkok," tutur Marlison dalam jumpa pers virtual pada Selasa (18/8). "Itu adalah baju adat dari Kalimantan Utara, yaitu baju adat Suku Tidung."

Menurut Marlison, pemilihan baju adat untuk di tampilkan di uang Rp 75 ribu telah melalui proses panjang. BI telah berdiskusi dengan budayawan hingga sejarawan, dan bahkan telah melibatkan pemerintah daerah.


"Kita koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," jelas Marlison. "Kita bahas dengan UPT adat Suku Tidung di Kaltara. Mereka yang kemudian menyerahkan pakaian adat dari Kaltara."

Marlison kembali menegaskan bahwa baju adat yang ditampilkan di uang Rp 75 ribu tersebut bukan dari Tiongkok. Menurutnya, masyarakat dapat mengecek sendiri informasi mengenai baju adat Suku Tidung ini di internet.

"Coba cari di Google, pakaian adat daerah Suku Tidung. Keluarlah seperti itu, anak-anak seperti itu," tegas Marlison. "Bukan dari Tiongkok, ini asli dari Indonesia."

Sebelumnya, Sahabat Pandu Kalimantan Utara, Prayoga Bayu, juga telah menjelaskan bahwa pakaian adat di uang Rp 75 ribu tersebut merupakan milik Suku Tidung. Menurut Prayoga, pakaian adat itu dipakai oleh seorang anak SD 041 Tarakan. Foto tersebut diambil pada tahun 2019 lalu di depan rumah adat Tidung.

Prayoga juga membantah keras adanya narasi yang menyebut jika model tersebut merupakan orang Tiongkok lantaran bermata sipit. Ia mengatakan jika suku Tidung masuk dalam suku Dayak dan tersebar dari Kalimantan Utara hingga Malaysia.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait