Belum Aman Dan Kondusif, Olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung Bakal Tertunda
Nasional

Olah TKP peristiwa kebakaran di gedung Kejagung RI ini awalnya dijadwalkan pada hari ini, Minggu (23/8). Namun sayang kegiatan ini terpaksa tertunda karena area gedung masih belum aman dan kondusif.

WowKeren - Kantor Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) pada Sabtu (22/8) malam diketahui mengalami kebakaran hebat. Puluhan Pemadam Kebakaran (damkar) telah dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. Namun sayang, hingga kini situasi dalam tempat kejadian perkara (TKP) masih belum kondusif untuk diadakan olah TKP.

Olah TKP peristiwa kebakaran di gedung Kejagung RI ini awalnya dijadwalkan pada hari ini, Minggu (23/8). Namun sayang kegiatan ini terpaksa tertunda karena area gedung masih berasap. Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat menjelaskan, tim olah TKP beserta Puslabfor Mabes Polri sudah mengecek lokasi gedung yang terbakar di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam I, Jakarta Selatan.

Namun ketika sampai di sana, mereka menyadari bahwa pada saat ini kondisi gedung tidak memungkinkan untuk dilakukan olah TKP karena alasan keamanan. "Masih ada asap dan situasi masih panas, jadi belum aman untuk dilakukan olah TKP," tutur Tubagus Ade yang dilansir dari Kompas, Minggu (23/8).

Adapun olah TKP yang djadwalkan hari ini akan ditunda hingga besok, Senin (24/8) pagi jika memang situasi sudah memungkinkan. Hingga kini, pihak damkar masih berupaya melakukan pendinginan gedung agar nantinya aman untuk dimasukin oleh tim Puslabfor Mabes Polri bersama tim olah TKP.


"Olah TKP rencana akan dilaksanakan besok pagi. Agendanya hari ini adalah dari sore sampai malam masih akan dilakukan pendinginan lanjutan. Supaya tim Puslabfor Mabes Polri bersama tim olah TKP dari yang lainnya dalam kondisi aman untuk masuk" ungkap Tubagus Ade.

Pada Sabtu kemarin, Dinas Penanggulangan Kebakaran, dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melaporkan insiden kebakaran ini di akun media sosial resmi mereka. Menurut Dinas Gulkarmat, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.10 WIB.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyatakan bahwa struktur bangunan gedung Kejagung mudah terbakar. Karena itulah api begitu cepat menjalar ke ruangan lain. Selain itu, ruangan dalam gedung juga saling berhimpitan satu sama lain, hal inilah yang membuat api dengan cepat membakar hampir seluruh gedung utama.

Di sisi lain, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Hari Setiyono memastikan tidak ada data yang bermasalah di Gedung Kejaksaan Agung yang terbakar. Hari juga memastikan bahwa Kejagung memiliki data cadangan seandainya data pada berkas yang disimpan di gedung tersebut terdampak kebakaran.

Hari menyebut tidak ada berkas lain yang tersimpan di gedung yang terbakar itu. Sebab, fungsi gedung tersebut biasa digunakan untuk pembinaan atau berstatus gedung heritage. Ia juga menegaskan bahwa gedung utama yang terbakar saat ini bukanlah gedung yang baru direnovasi.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait