Foto Bareng Para Menteri Tanpa Masker Tuai Kritikan
Twitter/airlangga_hrt
Nasional

Sejumlah menteri bidang ekonomi tuai kritikan usai melakukan sesi foto bersama mengabaikan protokol kesehatan saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Bali pada 21-22 Agustus 2020.

WowKeren - Sejumlah menteri bidang ekonomi baru-baru ini menuai kritikan dari Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera lantaran kedapatan mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Perilaku mengabaikan protokol kesehatan tersebut dapat dilihat dari foto bersama para menteri dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM).

Pada foto tersebut, dapat dilihat sejumlah menteri berfoto tanpa menjaga jarak dan tak mengenakan masker. Foto yang kini tengah beredar di media sosial tersebut tidak menampilkan keteladanan seorang pejabat negara.

"Kita sedang darurat COVID-19. Foto itu buat sedih karena tidak memberi teladan," ujar Mardani melalui pesan tertulis dilansir CNNIndonesia, Senin (24/8). "Ratusan triliun digunakan untuk menangani COVID-19 tapi modal utamanya disiplin. Foto itu tidak mengajarkan disiplin."

Senada, anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didi Irawadi mengatakan seharusnya para menteri sebagai pejabat tinggi negara memberikan contoh baik. Di tengah kasus positif COVID-19 yang semakin bertambah, menurut dia kejadian tersebut sangat memprihatinkan.


Ia kemudian turut menyinggung kemarahan Presiden Joko Widodo atas kinerja para menterinya yang dianggap masih belum optimal. "Presiden Jokowi sempat sangat marah beberapa waktu lalu akibat kurangnya kinerja menteri-menteri dalam memerangi dan mengatasi dampak corona. Sekarang malah memberi contoh yang secara visual buruk di mata publik," ujarnya. "Jangan buat rakyat tersesat oleh sikap yang terkesan anggap remeh COVID-19 ini."

Selain itu, kritikan juga turut dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. Ia berujar kehadiran foto yang memperlihatkan sejumlah menteri yang tak menerapkan protokol kesehatan itu sebagai sesuatu yang mengganggu. "Kehadiran gambar di atas jelas terasa sebagai sesuatu yang mengganggu," ungkapnya.

Anwar menyatakan dirinya bukan tidak setuju terhadap kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah menteri dan beberapa pejabat lainnya. Hanya saja, seharusnya semua dilaksanakan tetap dengan tertib dan taat protokol kesehatan.

"Kehadirannya (foto) di tengah masa pandemi yang sudah sangat melelahkan ini tentu jelas-jelas sangat memprihatinkan dan kita sesalkan karena tidak mencerminkan keteladanan yang baik," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait