Kabar RS Wisma Atlet ‘Meluap’ Tampung Pasien Corona, Satgas COVID-19 Beri Jawaban
Nasional

Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet dikabarkan mulai meluap tampung pasien virus corona, begini penjelasan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

WowKeren - Kapasitas Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran dikabarkan sudah mulai penuh dalam menampung pasien virus corona. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito lantas angkat berbicara mengenai situasi Wisma Atlet saat ini.

Wiku memastikan jika Wisma Atlet masih bisa menampung banyak pasien virus corona. “Betul, masih lowong seperti yang terbaca di data tersebut,” kata Wiku seperti dilansir dari Kompas, Rabu (16/9) malam.

Wiku kemudian memaparkan data daya tampung Wisma Atlet yang sudah kumpulkannya. Saat ini, kapasitas tower 4 Wisma Atlet masih tersedia 100 persen. Dari 1.546 tempat tidur yang sudah disediakan, belum ada satu pun yang terisi.

Kemudian di tower 5, kapasitas yang terisi baru sebesar 39 persen. Dari 1.570 tempat tidur, tercatat pasien virus corona di tower 5 berjumlah 610 orang.

Wiku menjelaskan jika tower 4 dan tower 5 Wisma Atlet disediakan khusus pasien virus corona tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan. Para pasien tersebut nantinya hanya diminta untuk melakukan isolasi mandiri.


Selanjutnya ada tower 6 yang baru terisi 57 persen, yakni 750 pasien dari 1.306 tempat tidur. Lalu ada tower 7 yang telah terisi 68 persen. Dari 1.308 tempat tidur, ada 891 pasien yang dirawat. Kedua tower ini dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat (RSD) COVID-19 bagi pasien bergejala ringan hingga sedang.

Berdasarkan data tersebut, Wiku secara tegas membantah kabar yang menyebut jika RSD Wisma Atlet sudah mulai kewalahan dalam menampung pasien virus corona. Adapun kabar ini pertama muncul setelah beredar sebuah video berdurasi 29 detik yang menunjukkan antrean ambulans untuk masuk ke rumah sakit Wisma Atlet.

Video ini langsung memunculkan isu jika RS Wisma Atlet sudah melebihi kapasitas sehingga tidak bisa menampung pasien baru. Meski demikian, kabar ini telah dibantah oleh Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) RSD Wisma Atlet, Brigjen TNI Muhammad Saleh.

Saleh menjelaskan jika antrean ambulans tersebut disebabkan karena kurangnya akses pintu masuk untuk ambulans. “Kapasitas tempat tidur kami masih ada. Permasalahan (penyebab antrean ambulans) di pintu masuk hanya dibuka satu pintu,” jelas Saleh.


Sumber:

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru