Geger Riset ITB Ungkap Potensi Tsunami 20 Meter di 2 Wilayah Ini, Mana Saja?
Nasional

Riset ITB mengungkap adanya 2 wilayah di Pulau Jawa yang berisiko diterjang gelombang tsunami sampai setinggi 20 meter. Berikut penjelasan oleh peneliti ITB tersebut.

WowKeren - Letak geografis Indonesia menyebabkan banyak bencana alam yang rawan menyapa. Mulai dari gempa bumi sampai tsunami, semua harus siap dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan hasil risetnya soal potensi tsunami. Tak main-main, peneliti ITB menyebut ada 2 wilayah di Pulau Jawa yang berpotensi mengalami bencana alam tsunami sampai setinggi 20 meter.

Adalah seorang Guru Besar bidang Seismologi dari ITB, Sri Widiyantoro. Hasil risetnya selama enam tahun menunjukkan bahwa bahwa ada 2 wilayah yang berpotensi menghadapi tsunami dahsyat, yakni di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan selatan Jawa Timur.

Sri Widiyantoro sendiri berharap bahwa hasil risetnya ini bisa menjadi peringatan dini bagi setiap warga yang berada di garis pantai tersebut. Harapannya akan dibuat peringatan dini sehingga meminimalisir risiko yang ada bila tsunami 20 meter benar terjadi.


Di sisi lain, hasil riset ini secara kebetulan disampaikan ketika beberapa daerah di bagian barat Pulau Jawa mendengar dentuman misterius sejak Minggu (20/9) malam. Awalnya dentuman dilaporkan terdengar di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, lalu kembali terdengar pada Senin (21/9) pagi di Bekasi.

Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika soal penyebab dentuman tersebut. Namun BMKG mengaitkannya dengan aktivitas petir di Gunung Salak pada Minggu pukul 19.00-21.00 WIB.

"Saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," ungkap Ketua Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dilansir Kompas. "Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir."

Sementara beberapa warganet sudah berspekulasi bahwa dentuman ini bak "peringatan" akan terjadinya bencana alam tertentu. "Kenapa sering banget terdengar suara dentuman diarea jawa yak. Jadi inget tsunami diaceh, sblum tsunami trjadi, terdengar suara dentuman hebat. Stay safe utk saudara2 disana, smoga Allah slalu melindungi. #dentuman," tutur @nr***dh.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts