BNPB Bongkar Indonesia Dihantam 2.059 Bencana Alam Sejak Januari 2020, Apa Saja?
Nasional

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membeberkan jika Indonesia sudah terhantam 2.059 bencana alam sejak Januari 2020. Ini data jenis bencana hingga korban-korban yang berjatuhan.

WowKeren - Indonesia tidak hanya menghadapi pandemi virus corona saja di tahun ini. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membeberkan jika sebanyak 2.059 bencana alam telah menghantam Tanah Air sejak awal Januari 2020 hingga 20 September kemarin.

Dilansir dari Antara, BNPB mengungkap mayoritas jenis bencana yang terjadi merupakan bencana hidrometeorologi. Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang terjadi akibat dampak fenomena meteorologi.

Berdasarkan data resmi dari BNPB, bencana banjir mendominasi bencana alam di Tanah Air pada tahun ini. Tercatat, Indonesia sudah dihantam 771 banjir dalam tempo waktu hampir 7 bulan.

Bencana alam kedua terbanyak yang mengguncang sejumlah daerah adalah angin puting beliung. Setidaknya, sudah ada 534 bencana puting beliung yang terjadi sejak Januari 2020. Selanjutnya ada bencana longsor yang telah melanda Indonesia, yakni sebanyak 377 kejadian.


BNPB juga melaporkan jumlah bencana alam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sejak awal tahun ini, dimana tercatat sebanyak 302 kejadian. Kemudian ada bencana erupsi gunung berapi yang terjadi sebanyak lima kali.

Dampak dari ribuan bencana tersebut, sebanyak 4,2 juta masyarakat Indonesia terpaksa harus mengungsi karena terdampak bencana alam. Bencana alam tersebut juga telah menewaskan 282 orang, melukai 427 orang, dan dilaporkan sebanyak 25 orang meninggal dunia.

Tak sampai disitu, berbagai bencana alam tersebut juga telah membuat 30.655 rumah penduduk yang terdampak bencana mengalami rusak ringan hingga berat. Fasilitas umum yang berjumlah sedikitnya 1.419 tempat juga terdampak dan mengalami kerusakan.

Terakhir, BNPB turut melaporkan jika pandemi virus corona masuk dalam bencana non alam. Berdasarkan data dari covid19.go.id, virus corona telah menginfeksi 244.676 orang di Indonesia hingga Senin (21/9) siang.

Dari jumlah tersebut, 9.553 orang dilaporkan meninggal dunia dan 177.327 pasien dinyatakan sembuh dari virus corona. Angka ini diprediksi masih terus bertambah. Apalagi, Indonesia dalam sehari rata-rata selalu mencatat penambahan lebih dari 3.500 kasus COVID-19.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru