Katulampa Siaga 1, Warga di Wilayah Ini Diminta Waspadai Banjir
Nasional

Menurut Kepala Bendungan Katulampa, Kabupaten Bogor, Andi Sudirman, tingginya curah hujan di kawasan Puncak membuat debit sungai Ciliwung meningkat dengan cepat.

WowKeren - Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, dan sebagian besar Kota Bogor dilanda hujan deras sejak Senin (21/9) sore. Akibatnya, debit air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan.

Menurut Kepala Bendungan Katulampa, Kabupaten Bogor, Andi Sudirman, hujan mengakibatkan ketinggian air sungai Ciliwung di bendungan tersebut mencapai 2,5 meter. Status siaga 1 pun ditetapkan. "Kawasan puncak hujan deras sore tadi, air dengan cepat meluap. Ketinggian sampai 250 centimeter tadi pukul 18:15 WIB, status siaga 1," tutur Andi pada Senin (21/9).

Menurut Andi, tingginya curah hujan di kawasan Puncak Bogor membuat debit sungai Ciliwung meningkat dengan cepat. "Pantauan debit air mulai naik pukul 17:56 dengan ketinggian 170 centimeter, statusnya siaga 3. Kemudian debit meningkat menjadi 200 centimeter pukul 18:10 WIB. Air kemudian naik lagi pukul 18:30 WIB jadi 250 centimeter, statusnya siaga 1," ungkap Andi.

Kabar ini juga telah disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun media sosial resmi mereka. BPBD DKI juga mengungkapkan daerah mana saja yang perlu mewaspadai banjir akibat luapan sungai Ciliwung tersebut.


"Antisipasi wilayah. Waspada untuk lintasan sungai Ciliwung 6-9 jam air akan sampai di Rawajati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, Kampung Melayu," demikian keterangan BPBD DKI.

Selain itu, BPBD DKI juga mengimbau agar warga melakukan sejumlah upaya penyebaran informasi. Mulai dari menyebarkan kabar lewat media sosial, lewat SMS blast, hingga memberitahu pihak Lurah dan Camat. Namun demikian, BPBD DKI turut mengingatkan agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan antisipasi COVID-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, dan Depok akan diguyur hujan lebat pada Senin (21/9) malam. Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor paling banyak akan turun hujan di antaranya Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Kemang, Rumpin, Jasinga, Cigudeg, Klapanunggal, Ranca Bungur, dan Leuwisadeng.

Sedangkan di Kota Bogor, hujan diperkirakan turun di Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Utara, Tanah Sareal, dan sekitarnya. Kemudian, BMKG memperkirakan hujan meluas dan turun di wilayah Jakarta Barat seperti Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kalideres, Pal Merah, dan Kembangan

Untuk Kota Jakarta Pusat, hujan diprediksi mengguyur Gambir, sedangkan di Jakarta Selatan ada Tebet, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Pesanggrahan. Berikutnya, ada Kota Jakarta Timur yakni Duren Sawit. BMKG juga memperkirakan hujan turun di beberapa wilayah Kota Tangerang seperti Cipondoh, Karang Tengah, Larangan, dan sekitarnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait