Total Sudah ada 37 Pegawai KPK yang Mengundurkan Diri Sepanjang 2020, Kenapa?
Nasional

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango lantas mengungkapkan sudah ada 37 orang pegawai yang mengundurkan diri dari lembaganya sepanjang Januari hingga September 2020.

WowKeren - Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sejak 18 September 2020 lalu. Febri juga sekaligus mengundurkan diri dari lembaga KPK.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango lantas mengungkapkan sudah ada 37 orang pegawai yang mengundurkan diri dari lembaganya sepanjang Januari hingga September 2020. Menurut Nawawi, kebanyakn pegawai yang mengundurkan diri tersebut beralasan karena keluarga atau ingin mencari tantang baru di tempat lain.

"Terhitung sejak Januari sampai awal September yang saya catat 29 Pegawai Tetap dan delapan orang Pegawai Tidak Tetap," tutur Nawawi dalam keterangannya pada Jumat (25/9). "Pada umumnya alasan pengunduran dirinya mencari tantangan kerja lain ataupun alasan keluarga."

Namun melansir CNN Indonesia, seorang sumber mengungkapkan bahwa banyak pegawai yang sudah tidak nyaman bekerja setelah UU KPK direvisi dan pimpinan baru terpilih. Sumber yang tak disebutkan namanya ini juga mengaku akan mengundurkan diri pada Januari 2021 mendatang.


"Totalnya saya enggak menghitung, tapi pastinya pada enggak nyaman," ujar sumber tersebut. "Karena KPK sekarang warnanya sudah sama kayak APH (Aparat Penegak Hukum) yang lain."

Sementara itu, penyidik senior KPK Novel Baswedan juga sempat menyinggung soal semangat pemerintah dalam memberantas korupsi saat ini. Novel mengingatkan jika pemerintah dan KPK saat ini tidak sungguh-sungguh mendukung pemberantasan korupsi, maka orang-orang yang memiliki semangat memberantas korupsi akan mencari jalannya sendiri.

"Bila pemerintah tidak mendukung dan KPK tidak tampak sungguh-sungguh berantas korupsi," jelas Novel pada Kamis (24/9). "Orang yang memilih jalan untuk berjuang dalam rangka memberantas korupsi akan meninggalkan gelanggang yang tidak ada harapan."

Selain itu, Novel juga mengaku merasa kehilangan atas pengunduran diri Febri. Menurutnya, selama ini, Febri adalah sosok yang yang sangat berdedikasi dalam menjalankan pekerjaannya di KPK.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts