Angka Kesembuhan Naik Pesat, Satgas Sebut Ruang ICU Pasien COVID-19 Masih Aman
Reuters
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Tingkat keterisian ruang isolasi di Jakarta sempat diprediksi akan mengalami over capacity pada pertengahan September. Namun prediksi ini tak terbukti seperti yang dikhawatirkan

WowKeren - Kasus positif COVID-19 terus mengalami penambahan setiap harinya. Kendati demikian, Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo menyebut kasus sembuh dari virus corona mengalami peningkatan pesat.

"Angka kesembuhan mengalami peningkatan yang sangat pesat," kata Doni usai rapat bersama Presiden Joko Widodo, Senin (28/9). "Dan hari ini tercatat sudah 203.014 yang telah sembuh. Sedangkan yang masih dirawat 61.813 orang."

Kasus penambahan COVID-19 masih terjadi di Jakarta. Kendati demikian, Doni menyebut jika, ketersediaan ruang di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jakarta masih aman. Pemerintah pusat dan Pemprov tengah berkoordinasi untuk menyiapkan bed.

Seperti diketahui sebelumnya, tingkat keterisian ruang isolasi di Jakarta sempat diprediksi akan over capacity pada pertengahan September. Namun rupanya prediksi ini tak terbukti seperti yang dikhawatirkan.


"Yang awalnya pada tanggal 9 September yang lalu dikhawatirkan akan penuh pada tanggal 17 September," terang Doni. "Tapi kerja keras dari seluruh komponen baik pemerintah pusat khususnya Kemenkes, pemerintah DKI dan seluruh pimpinan rumah sakit sekarang sudah ada bed untuk ICU sebanyak 725 unit."

Begitu juga dengan ruang ICU. Doni menuturkan masih ada ratusan yang kosong. Kendati demikian, ia berharap agar tidak terjadi pertambahan jumlah pasien yang harus dirawat.

"Ditambah lagi ada 34 unit yang sedang berproses yang berasal dari RS Wisma Atlet. Sedangkan yang terisi sebanyak 521 bed, terisi pasien," ujar Doni. "Sehingga sisanya 204 bed. Jadi masih ada 204 bed ICU yang kosong, ya kita harapkan tidak bertambah lagi saudara-saudara kita yang sakit."

Saat ini di Jakarta, sebanyak 3.784 tempat tidur di ruang isolasi RS rujukan sudah terisi dari total 4.824 tempat tidur. Sementara itu di Wisma Atlet, yang terisi sampai dengan tadi pagi pukul 06.00 WIB itu 2.158. Sehingga masih tersedia bed yang kosong 2.506. "Di luar hotel yang sekarang dalam berproses baik DKI, termasuk di sejumlah provinsi prioritas lainnya," pungkas Doni.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts