Tak Jadi Dijual, ANRI Bersyukur Keluarga Serahkan Surat Nikah Soekarno ke Negara
Nasional

Divisi Hukum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Rudi Anton berharap jika hal ini bisa dijadikan sebagai contoh bagi keluarga pewaris tokoh bangsa yang lain

WowKeren - Dokumen Surat Nikah-Cerai milik Presiden Pertama RI Soekarno Dan Inggit Garnasih akan diserahkan ke negara melalui perantara Pemprov Jawa Barat. Arsip Nasional Republik Indonesia pun angkat suara menanggapi hal ini.

Divisi Hukum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Rudi Anton mengaku lega lantaran dokumen penting tersebut diserahkan dengan sukarela ke negara. Dokumen ini sempat ditawarkan seharga Rp 25 miliar.

"Ya tentu kita sangat bersyukur," kata Rudi dilansir Kumparan, Selasa (29/9). "Jika keluarga bu Inggit dengan ikhlas menyerahkan arsip tersebut."

Rudi berharap jika hal ini bisa dijadikan sebagai contoh bagi keluarga pewaris tokoh bangsa yang lain. Alih-alih dijual, dokumen penting yang menjadi saksi bisu sejarah Indonesia akan lebih baik jika diserahkan kepada negara. Dengan begitu, hal ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran oleh generasi penerus.


"Kita juga berharap bahwa hal ini dapat dicontoh oleh keluarga (pewaris) tokoh tokoh bangsa yang lain," jelas Rudi. "Ini semua dilakukan agar anak cucu kita dapat mengambil 'pembelajaran' dari apa yang terjadi dan dilakukan generasi pendahulunya."

Sementara itu, prosedur penyerahan dokumen bersejarah itu akan diproses minggu ini. "Prosedur surat menyurat sesuai arahan Pak Gubernur, mungkin minggu ini kita akan coba selesaikan," kata cucu angkat Inggit, Kemal Asmarahadi, di Gedung Sate Bandung, Senin (28/9).

Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad Nina Herlina Lubis mengatakan jika keluarga akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Jabar. Nina mengatakan bahwa ahli waris Inggit bakal menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung.

Rencananya akan ada tujuh ahli waris Inggit yang akan bertemu Ridwan Kamil. Mereka akan bertemu tanpa kehadiran Tito. "Nah, hari ini siang Pak Gubernur akan menerima kami, jadi saya dengan ahli waris yang lain kecuali Pak Tito," kata Nina.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait