Cegah Munculnya Klaster Baru, Pemprov DKI Susun Ingub Pengungsian Banjir
Nasional

Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun instruksi gubernur (ingub) untuk menyiapkan lokasi pengungsian banjir menjadi dua kali lipat demi memicu klaster baru penyebaran COVID-19.

WowKeren - Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun instruksi gubernur (ingub) untuk menyiapkan lokasi pengungsian banjir menjadi dua kali lipat. Penambahan kapasitas tempat pengungsian hingga 2 kali lipat ini guna mencegah penularan COVID-19.

"Untuk mengantisipasi pandemi COVID, wilayah diminta menyiapkan lokasi pengungsian dua kali lipat dari sebelumnya," ujar Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M Insaf, Selasa (29/9). "Namun saat ini belum dilakukan inventarisasi karena baru akan disiapkan ingubnya. Lokasi pengungsi alternatif dua kali lipat dari yang ada."

Menurutnya, penanganan banjir saat pandemi COVID-19 berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, tempat pengungsian disebut-sebut berpotensi menjadi tempat penularan virus Corona karena adanya kerumunan dalam satu lokasi.

"Penanganan musibah banjir perlu siasat berbeda," jelasnya. "Karena di tempat pengungsian sangat berpotensi terjadi penyebaran penyakit, sehingga protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 juga akan diterapkan di tempat pengungsian."


Lebih lanjut, Insaf menerangkan, nantinya warga akan diminta menjaga jarak ketika berada di pengungsian. Selain itu, pengungsi akan diminta selalu menggunakan masker ketika berada di pengungsian. "Selain menjaga jarak, warga harus menggunakan masker dan menjaga kebersihan," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyiapkan solusi dalam mengatasi masalah banjir. Menurutnya, baik bencana banjir maupun pandemi COVID-19 dinilai sama-sama berbahaya bagi masyarakat.

”Antisipasi banjir tetap diperhatikan,” kata Prasetio seperti dilansir dari CNNIndonesia, Senin (28/9). “Jangan kita lepas pengendalian soal banjir meski di tengah pandemi COVID-19 karena keduanya sama-sama bahayanya.”

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat bersiap memasuki musim hujan. Pihaknya juga akan menyiapkan lokasi pengungsian dengan jumlah dua kali lipat.

"Kami juga sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat karena ini masa pandemi COVID jadi kita tetap memperhatikan protokol COVID, kemudian juga jajaran kami sudah siap," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (21/9).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait