Tak Pakai Masker, WNA Ini Diturunkan Dari KRL
Nasional

Video yang menampakkan seorang penumpang warga negara asing (WNA) diturunkan dari kereta rel listrik (KRL) karena tak menggunakan masker viral di media sosial.

WowKeren - Seorang penumpang warga negara asing (WNA) diturunkan dari kereta rel listrik (KRL) karena tak menggunakan masker menjadi viral di media sosial. WNA tersebut diketahui sempat berdebat dengan petugas ketika hendak ditertibkan.

Terkait peristiwa tersebut, VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba membenarkan adanya seorang penumpang KRL yang diturunkan oleh petugas karena melepas masker saat berada di dalam kereta. Ia menerangkan jika peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 1 Oktober 2020 lalu.

Saat itu, penumpang WNA tersebut masuk melalui Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat tanpa mengenakan masker. "Pengguna tersebut awalnya hendak masuk Stasiun Gondangdia sekitar pukul 18.10 WIB, namun tidak menggunakan masker sehingga petugas memintanya untuk memakai masker sebelum diizinkan masuk," kata Anne melalui keterangan tertulis, Minggu (4/10).

WNA tersebut lantas mengambil masker dan memakainya. Namun saat menunggu kereta arah Bogor di area peron, pengguna KRL tersebut kembali melepas masker yang digunakannya.


Source: Twitter/zoelfick

"Petugas Stasiun Gondangdia kemudian memintanya kembali menggunakan masker jika hendak naik kereta," ujarnya. Meski sempat berargumen, pengguna tersebut kemudian mengikuti arahan petugas dan kembali memakai masker."

Selanjutnya saat berada di dalam kereta, WNA tersebut kembali melepas maskernya. Petugas tak lelah mengingatkan dan memintanya untuk mengenakan masker berdasarkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Tapi yang bersangkutan menolak," paparnya. "Sesampainya di Stasiun Cikini sekitar pukul 19.16 WIB, petugas menurunkan pengguna tersebut dari kereta karena tidak mau mengikuti protokol kesehatan yang ada."

Anne lantas menegaskan, KCI mewajibkan seluruh pengguna KRL memakai masker yang secara ilmiah terbukti efektif mencegah droplet yaitu masker kain tiga lapis atau masker kesehatan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait