Penjelasan Polisi Ciduk 33 Pendemo: Diamankan Bukan Ditangkap
Nasional
Pengesahan UU Cipta Kerja

Polisi telah menciduk 33 orang yang mengikuti aksi demonstrasi di momen satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, jelaskan pendemo hanya diamankan.

WowKeren - Aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja kembali terjadi di Jakarta pada hari ini, Selasa (20/10). Demo ini juga bertepatan dengan setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam aksi demo saat ini, ada 33 orang yang diciduk oleh polisi. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana lantas menjelaskan 33 pendemo tersebut tidak ditangkap melainkan sedang diamankan.

”Sampai saat ini ada sekitar 33 orang yang kami amankan,” kata Nana di sekitar lokasi demonstrasi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Selasa (20/10). “Ini kami amankan, bukan kami tangkap.”

Nana sendiri tidak menjelaskan dengan rinci mengenai alasan hingga barang bukti apa yang membuat 33 orang diamankan saat berdemo. Meski demikian, ia menyebut jika pihaknya sedang melakukan pengusutan mengenai 33 pendemo tersebut.


Lebih lanjut Nana mengatakan jika pihaknya juga berupaya melakukan mediasi dengan pendemo. Tujuannya agar para pendemo dapat bertemu dengan perwakilan dari Kantor Staf Presiden (KSP) sehingga aksi demonstrasi berakhir dengan damai.

”Akan kami sampaikan, selaku aparat tentu kami akan menyampaikan dan tentunya kita pun berharap bahwa aksi ini dapat berjalan dengan damai yang penting,” tegas Nana. “Kan aturannya sudah ada di UU Nomor 9 Tahun 1998 dalam hal penyampaian pendapat di muka umum, bagaimana supaya pesan itu sampai. Kalau untuk mediasi akan kami sampaikan ke pihak KSP.”

Sebagai informasi, demo besar-besaran ini diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat seperti buruh hingga mahasiswa. Mereka turun ke jalanan mendesak Jokowi agar segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk membatalkan UU Ciptaker.

Aparat keamanan sendiri menentukan tempat demo untuk menyampaikan aspirasi yang lagi-lagi berada di Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Pemilihan lokasi tersebut mendapatkan protes dari massa lantaran jaraknya dengan Istana Negara cukup jauh. Walau begitu, demo tetap berjalan dengan kawalan dari ribuan aparat keamanan.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts