Sam Smith Bicara Soal Gender, Akui Sebagai Golongan Non-Biner
Selebriti

Non-biner atau genderqueer merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang dengan identitas gender bukan spesifik pria maupun wanita.

WowKeren - Selama ini Sam Smith memang menjadi salah satu selebriti yang sama sekali tak ragu bicara soal orientasi seksualnya sebagai bagian dari komunitas LGBTQ+. Bahkan tak jarang pelantun "Too Good At Goodbyes" ini terang-terangan menunjukkan ketertarikannya pada hal-hal berbau feminin, maupun menyebut bahwa ia memiliki sisi wanita dalam dirinya.

Terkait hal tersebut, belum lama ini Sam Smith kembali bicara soal masalah serupa dalam wawancara terbaru. Kali ini, Sam Smith membahas perihal ia yang menyadari identitas gendernya sebagai non-biner usai mengalami masalah kecemasan akan bentuk tubuhnya, alis body dysmorphia.

"Bagi saya, apa yang memicu segalanya adalah hal yang saya lakukan dengan masalah tubuh saya," kata penyanyi berusia 28 tahun tersebut. "Saya selalu memiliki body dysmorphia. Begitu saya membahas itu, saya mulai membahas soal gender saya dan menyadari bahwa saya menahan diri saya ke sosok ideal seorang pria."

Sam Smith lantas mengaku bahwa saat ia melakukan terapi untuk mengatasi kecemasannya tersebut, ia menyadari bahwa bentuk tubuhnya cenderung lebih feminin daripada seorang pria. "Saat saya memeriksanya, saya melakukan terapi, saya menyadari ada yang lebih dari itu. Saya punya paha perempuan dan saya punya payudara perempuan juga," lanjutnya.


Sam Smith pertama kali coming-out sebagai gender non-biner pada Mei 2019 lalu dalam unggahan di media sosial miliknya. Meskipun terlahir sebagai seorang lelaki, namun pelantun "Pray" ini mengaku tak mau dibedakan dari jenis kelaminnya. Bahkan belum lama ini, Sam secara gamblang tak mau melabeli dirinya sendiri sebagai seorang pria atau pun wanita.

Pelantun "How Do You Sleep?" itu mengumumkan bahwa ia tak mau lagi disebut sebagai seorang pria atau wanita dari segi gender. Sam pun menegaskan bahwa ia berada dalam kelompok non-biner, alias bukan pria maupun wanita.

Lebih lanjut, Sam menegaskan bahwa kini ia tak mau dipanggil dengan kata ganti "He/Him" (untuk pria) maupun "She/Her" (untuk wanita). Pelantun "Dancing with a Stranger" ini mengklaim kalau ia lebih suka disebut dengan panggilan "They/Them".

Gender non-biner atau genderqueer merupakan istilah gender yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang dengan identitas gender bukan spesifik pria maupun wanita, terlepas dari penampilan fisik atau pun jenis kelamin lahiriah atau biologis.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts