Djoko Tjandra Ditegur Hakim Karena Tidur Saat Sidang, Pengacara Beri Bantahan
Nasional

Terdakwa kasus surat jalan palsu, Djoko Tjandra kena tegur oleh hakim karena ketahuan tidur saat sidang digelar. Namun, hal tersebut langsung dibantah oleh sang pengacara.

WowKeren - Proses hukum terdakwa kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra masih terus berlangsung. Djoko Tjandra telah menjalani sidang pembacaan eksepsi yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (20/10).

Dalam persidangan tersebut, ada satu peristiwa yang menjadi sorotan. Djoko Tjandra mendapatkan teguran dari Ketua Majelis Hakim, Muhammad Sirat karena tidur saat sidang pembacaan eksepsi dilakukan.

Teguran Muhammad ini dilayangkan setelah melihat Djoko Tjandra tertidur dalam posisi duduk dan menyandar dengan kepala ke arah samping. “Saya ingatkan Terdakwa untuk tidak tidur,” kata Muhammad Sirat seperti dilansir dari Detik, Selasa (20/10).

Mendengar suara teguran dari majelis hakim, Djoko Tjandra langsung terjaga dari tidurnya. Ia langsung menengok ke arah kamera dimana persidangan dilakukan secara virtual di tengah pandemi virus corona.


Meski telah mendapatkan teguran, namun Djoko kembali duduk dengan posisi seperti sebelumnya. Majelis hakim pun langsung menegur terdakwa untuk benar-benar mendengarkan pembacaan eksepsi.

Pasalnya, Djoko akan dimintai tanggapan di akhir sidang mengenai eksepsi tersebut. “Dengarkan, karena nanti Terdakwa akan dimintakan tanggapan terkait eksepsi di akhir sidang,” ujar Muhammad Sirat.

Sementara itu, pengacara Djoko Tjandra membantah keras jika kliennya tertidur saat sidang dilakukan. Menurutnya, Djoko Tjandra saat itu sedang membaca sehingga kepalanya terlihat miring.

”Sebenarnya dia tidak tidur, dia baca,” kata Soesilo Aribowo, pengacara Djoko Tjandra seperti dilansir dari Detik pada Rabu (21/10). “Dia kepalanya miring ke kiri sambil baca.”

Dalam sidang tersebut, penasihat hukum Djoko Tjandra juga meminta kliennya dibebaskan dari dakwaan jaksa. Tak hanya itu, Djoko Tjandra juga meminta penuntut umum mengembalikan hartanya yang disita.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts