Buntut Siswa Bunuh Diri Diduga Stres PJJ, KPAI Minta Kepsek Diperiksa
Instagram/kpai_official
Nasional

Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) meminta Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan terhadap kepala sekolah tempat MI (16) belajar.

WowKeren - Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) meminta Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan terhadap kepala sekolah tempat MI (16) belajar. Diketahui, MI merupakan siswi SMA di Kabupaten Gowa yang melakukan bunuh diri lantaran diduga stres akibat beban PJJ.

MI bunuh diri dengan meminum racun rumput. Ia diduga depresi dengan tugas sekolah daring. Ketua KPAI Retno Listyarti mengatakan pihaknya segera melayangkan surat ke Dinas Pendidikan setempat.

"KPAI akan bersurat resmi untuk menyampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan," kata Retno. "Untuk melakukan kewenangannya memeriksa Kepala Sekolah dan para guru yang mengajar ananda MI."

Pemeriksaan pada kepala sekolah dan guru didasarkan pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. dalam SE itu, disebutkan jika tujuan dari pelaksanaan belajar dari rumah adalah untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik dalam mendapatkan layanan pendidikan.


"Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19, mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan," ujarnya lagi. "Dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua."

Pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19 memang menyisakan sejumlah persoalan, Salah satunya terkait pemenuhan akses internet mengingat belum semua wilayah Indonesia bisa menikmati layanan ini. Sehingga hal ini pun kerap dikeluhkan oleh beberapa siswa yang bertempat tinggal di lokasi yang minim jaringan.

Sehingga kesenjangan akses terhadap fasilitas pendukung semacam ini juga perlu dipertimbangkan. "Misalnya kendala ketiadaan alat daring atau sulitnya akses sinyal seluler dan 4G di suatu daerah," ucap dia.

Sebelumnya, diberitakan jika Seorang siswi SMA di Gowa, Sulawesi Selatan, diduga bunuh diri lantaran tidak kuat dengan beban tugas daring yang diberikan oleh sekolah. Kemendikbud menduga situasi ini terjadi akibat kebijakan penyederhanaan beban tugas tak berjalan. Kemendikbud sendiri sudah sering mengingatkan dinas pendidikan agar mengimbau sekolah untuk tidak membebani siswa dengan tugas selama PJJ.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait