Jangan Khawatir Kalau Tidak Lolos CPNS 2019, Pemerintah Siap Buka Formasi Lebih Banyak di 2021
Nasional

KemenPAN-RB membuka opsi untuk membuka lebih banyak formasi di seleksi CPNS tahun 2021 mendatang. Berikut penjelasan Menteri Tjahjo Kumolo soal kabar tersebut.

WowKeren - Seluruh instansi negara sudah serempak mengumumkan hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 pada Jumat (30/10) kemarin. Tentu saja ada sejumlah pihak yang harus menelan pil pahit kekecewaan karena gagal menjadi abdi negara.

Dan bagi yang gagal, tak perlu khawatir, sebab pemerintah rupanya berniat membuka kembali CPNS 2021 mendatang. Bahkan formasi yang dibuka pun dilaporkan lebih banyak ketimbang tahun 2019 kemarin.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pemberdayaan Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Andi Rahadian, Jumat (30/10). Dan kekinian kabar soal CPNS 2021 ini juga ditanggapi oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Menurut Tjahjo, masih ada formasi kosong di CPNS 2019 yang mungkin bisa dialihkan ke 2021. "Masih adanya formasi yang kosong pada CPNS Tahun 2019, yang akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan untuk K/L atau Pemda prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021," kata Tjahjo di Jakarta, Minggu (1/11).


Namun tentu saja pengalihan formasi ini tetap menyesuaikan kepada kebutuhan nyata masing-masing instansi. Dan pembukaan formasi pun kian diperketat karena di era new normal akan diterapkan efisiensi birokrasi sehingga tidak memerlukan begitu banyak pegawai.

"Seringkali K/L khususnya Pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata," terang Tjahjo, dikutip dari Detik Finance, Senin (2/11). "Sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal."

"Dengan pendekatan TIK, sebagian pekerjaan dapat dialihkan ke dalam sistem," imbuh mantan Menteri Dalam Negeri itu. "Sehingga kebutuhan nyata pegawai tidak sebanyak kebutuhan yang diinginkan."

Di sisi lain, saat ini para abdi negara yang disaring lewat seleksi CPNS 2019 sudah ditentukan. Bagi yang tidak lolos diperkenankan untuk mengajukan sanggahan maksimal hingga Selasa (3/11) besok.

Sedangkan bagi yang lolos bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni pemberkasan, yang dilakukan secara digital. Langkah selengkapnya bisa diakses di sini, jangan sampai salah ya!

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait