Terungkap Alasan Jokowi Beri Bintang Mahaputera, Gatot Nurmantyo Jawab Begini
Nasional

Presiden Joko Widodo dikabarkan siap memberikan gelar Bintang Mahaputera untuk eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo pekan depan. Terungkap alasan di balik anugerah tersebut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dilaporkan siap memberikan anugerah Bintang Mahaputera untuk beberapa tokoh di bulan November 2020. Salah satunya adalah eks Panglima TNI Jenderal (Purn.) Gatot Nurmantyo.

Diungkap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, anugerah tersebut juga akan diberikan kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat. Namun apa sesungguhnya alasan di balik penganugerahan ini?

Dilansir dari laman Sekretariat Negara, Bintang Mahaputera merupakan bentuk kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa guna keutuhan, kelangsungan, serta kejayaan bangsa dan negara. Bintang Mahaputera ini sendiri terbagi dalam 5 kelas, meski tak disebutkan Gatot akan mendapatkan penghargaan yang mana.

Kelima kelas itu adalah Bintang Mahaputera Adipurna, Adipradana, Utama, Pratama, dan Nararya. Disambung pula oleh Mahfud, penganugerahan ini juga karena seluruh mantan Panglima TNI dan eks menteri akan mendapatkan penghargaan serupa.


"Ya, semua mantan Panglima dan semua mantan menteri serta pimpinan lembaga negara yang selesai satu periode juga dapat BM. Itu harus diberikan tanpa pandang bulu," ujar Mahfud, Selasa (3/11).

Lantas apa kata Gatot soal rencana pemberian anugerah Bintang Mahaputera ini? Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu mengaku belum menerima informasi resmi sehingga tidak bisa banyak bicara.

"Mohon maaf saya tidak bisa komentar karena belum mendapat pemberitahuan resmi," tegas Gatot, dikutip dari Detik News, Rabu (4/11). Gatot juga bungkam ketika ditanya perihal apakah berkenan berkomentar jika sudah mendapat informasi resmi dari pemerintah.

Selain memberikan Bintang Mahaputera, Presiden Jokowi juga akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) untuk dua orang pada bulan yang sama. Keduanya adalah tokoh pergerakan Sumpah Pemuda Sutan Mohammad Amin Nasution dan Kapolri pertama Jenderal Pol (Purn.) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Terkait jadwalnya, Mahfud menyebut penganugerahan akan dilakukan pekan depan. "Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM)," ujar Mahfud lewat akun Twitter-nya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel