154 Perusahaan Asing Siap Relokasi, Iklim Investasi RI Mulai Membaik di Tengah Pandemi?
Nasional

Dibandingkan tahun sebelumnya, iklim investasi di Indonesia dinilai relatif membaik. Hal itu dilihat dari kejadian tahun lalu dimana tak ada investor asing yang melirik Indonesia untuk relokasi.

WowKeren - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan kabar gembira. Sebanyak 154 perusahaan asing akan melakukan relokasi ke Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM Yuliot menyatakan jika pemerintah terus melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha. Menurut Yuliot, hal ini bisa menjadi tanda bahwa iklim investasi di dalam negeri sudah mulai membaik.

"Di sini, terdapat 154 perusahaan yang merencanakan relokasi ke Indonesia, kata Yuliot dalam webinar, Senin (9/11). "154 perusahaan ini tentu ya kami melihat ini sudah positif."

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ia menilai iklim investasi tahun ini relatif membaik. Hal itu dilihat dari kejadian tahun lalu dimana tidak ada investor asing yang melirik Indonesia sebagai tujuan untuk menanamkan modal.


Sebanyak 33 perusahaan asing yang melakukan relokasi, tak satupun yang melirik Indonesia sebagai destinasi. Sebaliknya, mereka lebih memilih negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Malaysia.

Kejadian ini pun sempat membuat Presiden Joko Widodo geram. "Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, relokasi dari 33 perusahaan tidak ada yang masuk ke Indonesia," kata Yuliot.

Kendati demikian, Yuliot tidak merinci di bidang mana saja 154 perusahaan tersebut bergerak. Yang jelas menurutnya, Omnibus Law UU Ciptaker turut mendorong terciptanya iklim investasi dalam negeri yang terus membaik.

Sebab, UU tersebut turut memudahkan investor terkait perizinan. "Dengan perbaikan dan kemudahan-kemudahan investasi di UU Cipta Kerja, ini positif. Ini peluang besar," jelasnya.

Sementara itu sebelumnya, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman mengatakan pihaknya sedang memproses rencana relokasi 17 perusahaan ke Indonesia. Nilai investasinya diperkirakan mencapai Rp 518 triliun.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait