AP II Ungkap 118 Penerbangan di Bandara Soekanro-Hatta Delay Imbas Kedatangan Habib Rizieq
Nasional

Secara keseluruhan, Bandara Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 556 penerbangan pada Selasa (10/11) kemarin, baik penerbangan kedatangan maupun keberangkatan.

WowKeren - Kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq pada Selasa (10/11) membuat akses ke Bandara Soekarno-Hatta mengalami macet total. Akibatnya, sejumlah penerbangan pun tertunda alias delay pada hari itu.

Menurut Angkasa Pura II, ada 118 penerbangan yang tertunda pada Selasa pagi hingga pukul 12.00 WIN. Jumlah tersebut terdiri dari 110 penerbangan rute domestik dan delapan rute internasional.

Secara keseluruhan, Bandara Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 556 penerbangan di hari itu, baik kedatangan maupun keberangkatan. Rinciannya adalah 224 penerbangan (berangkat dan tiba) di Terminal 2, lalu 319 penerbangan (berangkat dan tiba) di Terminal 3, serta 13 penerbangan kedatangan untuk repatriasi WNI.

"Sejumlah penerbangan pagi tadi mengalami keterlambatan sekitar 1-2 jam," ungkap Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi pada Selasa. "Namun saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal."

Meski demikian, operasional di bandara telah kembali normal sekitar pukul 10.00 WIB. Kondisi berangsur normal kala massa yang menjemput Habib Rizieq mulai meninggalkan bandara.


Menurut Agus, sejumlah maskapai penerbangan telah memberikan keringanan pada penumpang yang dijadwalkan terbang hari itu, di antaranya adalah Lion Air Group, Garuda Indonesia Group, Indonesia AirAsia dan Sriwijaya Air Group. Para penumpang dapat melakukan refund tiket maupun penjadwalan ulang (reschedule).

"Maskapai lain mungkin juga memiliki kebijakan serupa," tutur Agus. "Kami mengimbau agar penumpang yang memiliki tiket keberangkatan 10 November dari Bandara Soekarno- Hatta bisa melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke maskapai terkait jadwal penerbangan, reschedule atau refund."

Sebagai informasi, Habib Rizieq tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 09.00 WIB. Pentolan FPI tersebut sempat menyapa para pendukung dan langsung menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat.

Ramainya massa yang menyambut kedatangan Habib Rizieq rupanya turut berbuntut pada kerusakan sejumlah fasilitas umum di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sejumlah tanaman rusak akibat terinjak-injak oleh kerumunan massa.

Selain itu, kursi tunggu penumpang yang terbuat dari material besi juga mengalami kerusakan. Hal itu disebabkan karena massa yang ingin melihat kehadiran Habib Rizieq juga menginjak-injak kursi hingga patah.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait