TNI AU Buka Suara Soal Prajurit Pendukung Habib Rizieq
tni-au.mil.id
Nasional

Prajurit TNI AU Serka BDS yang kedapatan menyanyikan lagu penyambutan lagu penyambutan untuk Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab itu kini tengah ditahan dan akan dijatuhi hukuman karena melanggar peraturan.

WowKeren - Sebuah video yang memperlihatkan prajurit TNI AU menyanyikan lagu penyambutan untuk Imam Besar FPI Habib Rizieq saat kepulangannya Selasa (10/11) mendadak viral di media sosial. POM TNI AU pun memeriksa Serka BDS tersebut.

Pasalnya, prajurit harus bersikap netral. "Itu yang tidak dibolehkan karena TNI harus netral, termasuk dalam bermedsos," ujar Kadispen TNI AU (Kadispenau) Marsma Fajar Adriyanto dilansir Detikcom, Kamis (12/11). "Kan harus netral, tidak bertentangan dengan pemerintah, tidak boleh ada ideologi selain Pancasila. Ada aturan yang harus dipatuhi."

Fajar mengatakan prajurit TNI tidak dilarang memiliki akun media sosial. Namun harus ada aturan yang harus dipatuhi dalam menggunakan media sosial itu.

"Intinya, sebetulnya tidak dilarang untuk bermedsos, tapi ada aturan, rambu-rambu, dalam bermedsos seperti perintah Panglima TNI dan KASAU. Dia melanggar perintah itu," terangnya.

Ia pun mengimbau agar prajurit TNI mengikuti aturan, terutama dalam menggunakan media sosial. "Oleh karena itu, saya mengimbau kepada anggota TNI AU, kalau bermedsos, ikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Panglima TNI dan KSAU," katanya.


Sekedar informasi, aksi Serka BDS itu telah melanggar Pasal 8 huruf a Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer yang berbunyi: segala perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan, peraturan kedinasan, atau perbuatan yang tidak sesuai dengan tata tertib militer.

TNI akan menyiapkan hukuman kepada yang bersangkutan. "Sekarang sudah ditahan di POM, sedang didalami untuk kita tahu apa hukuman yang sesuai dengan yang diperbuatnya," pungkas Fajar.

Seperti yang diketahui, Serka BDS membuat video saat menyanyikan lagu sambutan atas kedatangan Habib Rizieq Syihab, yang kemudian viral. Dalam videonya, Serka BDS memakai pakaian dinas lapangan (PDL) TNI, dengan pet biru khas TNI AU. Saat bersenandung, ia menurunkan separuh maskernya.

Pada video berdurasi 24 detik itu, Serka BDS bernyanyi dengan nada-nada religi. Kata-katanya ia ganti dengan kalimat penyambutan kepada Habib Rizieq, pimpinan FPI yang baru tiba dari Arab Saudi ke Tanah Air.

"Marhaban pemimpin FPI, Allah.. Allah.. Disambut prajurit TNI, Allah.. Allah.. Marhaban Ahlan Wa Sahlan, Marhaban Habib Rizieq Syihab. Takbir, Allahuakbar!" demikian syair lagu yang dinyanyikan Serka BDS

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait