Dorong Penggunaan Sepeda, Menhub Minta KAI Gratiskan LRT untuk Pegowes
Nasional

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap agar pemangku kepentingan nantinya bisa membuat kebijakan agar pengguna sepeda bisa naik LRT tanpa harus membayar tiket.

WowKeren - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar LRT Jabodebek bisa terhubung degan moda transportasi lain. Ia ingin ke depannya, mode transportasi ini ramah untuk pengguna sepeda

"Oleh karenanya antar moda begitu turun LRT harus ada TransJakarta," kata Menhub di Jakarta, Minggu (15/11). "Turun LRT harus ada kendaraan-kendaraan, turun LRT akan naik sepeda.

Budi meminta agar pemangku kepentingan nantinya bisa membuat kebijakan agar pengguna sepeda bisa naik LRT tanpa harus membayar tiket. Hal ini dalam rangka untuk mendukung kampanye penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

"Oleh karenanya dalam dalam kesempatan ini, dalam rangka kampanye penggunaan sepeda saya minta kepada PT KAI memberikan kesempatan mereka yang menggunakan sepeda lipat," lanjut Budi. "Bisa menggunakan dan masuk ke dalam kereta secara gratis."


Budi menjelaskan jika saat ini sudah ada beberapa stasiun yang terhubung dengan moda transportasi lain. Misalnya Stasiun Kampung Rambutan yang tersambung dengan Terminal Kampung Rambutan. "Juga nanti di Dukuh Atas katakan ada jarak tertentu dilakukan upayakan satu orang itu berganti moda dia tidak kerasa," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyinggung regulasi terkait penggunaan sepeda. Regulasi ini dirancang untuk memastikan terpenuhinya hak pengguna skuter listrik sebagai transportasi jenis baru.

Regulasi ini, dikatakannya berusaha untuk menampung kepentingan masyarakat pengguna transportasi umum massal. Ia mencontohkan ketika ada masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan dapat menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) untuk menuju ke Jakarta Pusat sembari membawa sepeda atau skuter listrik miliknya.

Ia berharap sepeda tak hanya diminati sebagai alternatif olahraga ramai-ramai. Namun, juga sebagai alat transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti ke kantor, berbelanja, hingga belajar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru